Semua Koleksi
Hostinger
Cara optimasi untuk mempercepat loading website
Cara optimasi untuk mempercepat loading website

Mencari tahu penyebab melambatnya loading website dan memperbaikinya

Tadas Vasiliauskas avatar
Ditulis oleh Tadas Vasiliauskas
Diperbarui lebih dari satu minggu yang lalu

Kecepatan website adalah faktor penting dalam performa website. Waktu ideal loading halaman menurut Google adalah kurang dari 2 detik. Alasannya, 50% pengunjung yang mengakses website dari ponsel akan langsung meninggalkan situs yang waktu loadingnya lebih dari 3 detik.

Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat mengurangi kecepatan loading website:

Mari kita lihat penjelasannya satu per satu 😊


Maintenance server

Kami rutin melakukan maintenance server untuk meningkatkan dan mengupgrade server kami. Dalam beberapa kasus, maintenance server dapat mempengaruhi kecepatan website Anda.

Apabila website tiba-tiba melambat, coba lihat proses maintenance server di Status Page Hostinger. Jika maintenance server sedang berlangsung, Anda tidak perlu khawatir. Setelah maintenance server selesai, kecepatan website Anda akan kembali normal.

Lokasi fisik server jauh

Semakin jauh lokasi server dari Anda, semakin lama pula waktu loading website Anda.

Untuk mengatasi hal ini, install CDN (Content Delivery Network) seperti Cloudflare. CDN akan menyimpan file di beberapa server di berbagai negara. Jadinya, lokasi server tidak lagi mempengaruhi kecepatan loading website Anda.

Namun, CDN tidak selalu dapat mengatasi masalah ini. Contoh: jika target pengunjung Anda adalah orang-orang di Amerika dan server Anda berada di Asia, maka CDN tidak akan banyak membantu. Solusi terbaik yang dapat Anda lakukan adalah menggunakan tool transfer server hPanel Hostinger untuk memindahkan hosting ke lokasi yang lebih dekat 😊

Penggunaan kapasitas server melebihi batas

Performa website akan menurun apabila penggunaan resource meningkat dan melebihi batas.

Untuk itu, kami sarankan Anda mengecek statistik penggunaan secara rutin. Apabila statistik penggunaan website sudah cukup tinggi, temukan cara mengatasinya di panduan ini: Mengatasi "Paket hosting telah melebihi batas penggunaan"

Kekurangan sistem cache

Cache menyimpan file di perangkat pengguna browser. Setiap kali pengguna mengakses situs tersebut, perangkat tidak perlu lagi mengunduh file dari server. Hal inilah yang akan membuat waktu loading website lebih cepat.

Untuk mendapatkan performa website terbaik, kami sarankan Anda melakukan leverage cache browser dengan plugin LiteSpeed Cache (untuk website WordPress) atau CloudFlare 🚀

Website kurang dioptimasi

Optimasi website adalah salah satu aspek penting untuk meningkatkan kecepatan website. Untuk menganalisis kecepatan loading website, gunakan fitur Page Speed di hPanel.

Atau, coba gunakan dua tool di bawah ini:

Optimasi database buruk

Optimasi database berguna untuk meningkatkan performa dan efisiensi database dengan cara mengurangi waktu dan resource yang dibutuhkan. Berikut beberapa cara optimasi database yang bisa dilakukan:

  • Buat index pada kolom yang sering di-query

  • Optimasi query untuk mencari data yang dibutuhkan saja

  • Hindari duplikasi data

  • Lakukan maintenance database secara berkala

Anda juga disarankan untuk menerapkan teknik optimasi database query, seperti mencari data yang penting saja, membatasi hasil query, menghindari penggunaan karakter wildcard di query, dan menggunakan tipe data yang sesuai.

Jika Anda kurang menguasai cara optimasi query, kami sarankan untuk menghubungi developer Anda terlebih dahulu. Beberapa teknik optimasi mungkin juga tidak tersedia di paket Web, WordPress, atau Cloud karena adanya batasan untuk melindungi keamanan database dan server privilege.

Untuk Anda yang menggunakan paket VPS, silakan gunakan tool seperti EverSQL.

CATATAN:

Apakah pertanyaan Anda terjawab?