Semua Koleksi
Niagahoster
Cara Membuat Akun FTP dan Melakukan Koneksi FTP
Cara Membuat Akun FTP dan Melakukan Koneksi FTP
Tadas Vasiliauskas avatar
Ditulis oleh Tadas Vasiliauskas
Diperbarui lebih dari satu minggu yang lalu

Anda dapat membuat dan melakukan koneksi FTP di Niagahoster dengan mudah. Berikut detail tahapan membuat akun dan melakukan koneksi FTP.

Panduan Video

Tutorial Manual

Untuk tutorial tanpa video, silakan ikuti tahapannya secara rinci sesuai panduan berikut:

Secara default, akun FTP telah dibuat ketika akun Hosting / cPanel diaktifkan dan telah dikirimkan ke email. Berikut contoh detailnya:

Anda dapat menggunakan detail tersebut untuk login FTP Anda dan gunakan IP sebagai hostnya (dalam kasus ini, IP yang digunakan: 202.150.209.124)

Anda juga dapat membuat akun FTP baru melalui cPanel > FTP Accounts. Setelah itu, silakan lengkapi semua form untuk pembuatan akun FTP. Format username FTP Anda akan menjadi namaakun@domainutama.com. Misal: niagahoster@idXXadmin.com. Perhatikan screenshot berikut untuk lebih jelasnya:

Melakukan Koneksi FTP

Pada contoh ini, kami akan menggunakan FileZilla sebagai FTP client. FileZilla dapat didownload di SINI. Setelah mendownload dan menginstalnya, silakan Anda buka filezilla kemudian isi kolom yang ada dengan detail berikut:

Mesin / host / server: Anda dapat mengisinya dengan IP cPanel atau nama utama domain. IP dapat dicek dari panel statistik di bagian Server Information. Misal: 202.150.209.163 atau idxxx.com. Perhatikan screenshot berikut untuk melihat IP cPanel:

Username / nama pengguna: username ftp yang telah Anda buat sebelumnya.

Password: Password ketika membuat username sebelumnya.

Port: isikan dengan 21 atau kosongi saja.

Perhatikan screenshot berikut untuk lebih jelasnya:

Selesai. Semoga membantu :)

Apakah pertanyaan Anda terjawab?