Niagahoster memungkinkan Anda mengubah nameserver dengan menggunakan domain sendiri. Nameserver ini nantinya akan terlihat ketika Anda melakukan pengecekan di WHOIS seperti pada http://domain.niagahoster.co.id/tools/whois

Syarat untuk menggunakan nameserver dengan domain sendiri di Niagahoster adalah harus memiliki domain dan hosting di Niagahoster.

Berikut panduan untuk melakukan konfigurasi Private Nameserver di Niagahoster:

Dapatkan IP Nameserver Niagahoster

Niagahoster memiliki banyak server. Setiap server memiliki nameserver yang berbeda-beda. Nameserver secara otomatis dikirimkan ke email ketika akun hosting Anda di aktifkan. Anda juga dapat menemukan Nameserver Anda melalui member area Anda.

Anda bisa mendapatkan IP nameserver tersebut dengan melakukan ping terhadap nameserver yang dimaksud. Misalnya, nameserver akun hosting Anda adalah ns05.niagahoster.com & ns06.niagahoster.com. Berikut contohnya:

Dari hasil tersebut, terlihat IP ns05.niagahoster.com adalah 182.253.238.5 dan ns06.niagahoster.com adalah 182.253.238.6 .

Membuat Childname

Langkah selanjutnya adalah membuat Childname dengan IP Niagahoster pada domain Anda seperti berikut ini:

1. Login di Member Area Niagahoster

2. Pilih Hosting & Domain > Domain > Kelola

3. Pilih menu Childname > Add New Record. Kemudian klik Save Changes

IP ns05.niagahoster.com adalah 182.253.238.5 dan ns06.niagahoster.com adalah 182.253.238.6 .

Selesai. Nameserver telah dibuat.

Update Nameserver untuk Domain Anda

Anda dapat menggunakan nameserver tersebut untuk domain-domain yang menggunakan nameserver yang sama dengan ns05.niagahoster.com dan ns06.niagahoster.com.

Anda dapat mengupdate nameserver melalui menu Domain > Kelola > Name Server

Selesai.

Jika sebelumnya domain tersebut menggunakan ns05.niagahoster.com dan ns06.niagahoster.com, maka tidak akan terjadi down time apapun.

Semoga bermanfaat.

Apakah Anda menemukan jawaban?