Semua Koleksi
Niagahoster
Cek Status Pointing Domain Anda
Cek Status Pointing Domain Anda
Tadas Vasiliauskas avatar
Ditulis oleh Tadas Vasiliauskas
Diperbarui lebih dari satu minggu yang lalu

Apakah domain saya sudah terhubung dengan server hostingnya ?

Mengapa domain baru saya belum dapat di akses ?

Untuk menjawab semua pertanyaan di atas, tentu memerlukan pemeriksaan lebih lanjut untuk memastikan bahwa domain anda sudah terhubung dengan akun hostingnya. cara paling mudah untuk mengetahui apakah domain anda telah terhubung dengan server hostingnya adalah dengan mengguankan fitur ping yang sudah di sediakan oleh sistem operasi di komputer anda.

Dan berikut hal - hal yang anda butuhkan untuk melanjutkan pemeriksaan ini :

1. IP server hosting atau IP vps anda

2. Aplikasi command prompt atau cmd untuk penggunan windows

Untuk mengetahui IP shared akun hosting anda, cukup login ke akun cPanel, kemudia cari dan temukan menu “Server Information” dan berikut screenshot detailnya :


  • untuk pengguna theme cPanel “paper-lanter” retro

Screenshot_25.png

  • Untuk penggunan theme cPanel “paper-lanter” Basic

Screenshot_1.png



Selanjutnya anda akan mendapati halaman di mana informasi shared IP akun hosting tertera, dan berikut screenshot detailnya :

Screenshot_2.png

Dari screenshot yang kami sertakan tersebut, itu berarti IP shared akun hosting anda adalah : 182.253.238.222



Selanjutnya silahkan buka aplikasi command prompt atau cmd yang ada di komputer yang di gunakan (khusu pengguna windows). untuk membukanya bisa menggunakan tombol shortcut dengan menekan tombol windows+R lalu ketikkan “cmd” kemudian tekan ”OK’ dan berikut screenshot detailnya :

Screenshot_3.png



Apabila halaman commandpromt telah muncul maka silahakn anda ketikkan

“ping namadomainanda.com” dan apabila anda menerima balasan dari IP yang sesuai dengan IP yang tertera di halaman cpanel atau shared ip akun hosting anda maka itu artinya domain anda telah terpointing dengan benar. dan berikut screenshot detail contoh hasilnya :

Screenshot_4.png



Catatan tambahan .

Berikut beberapa error yang mungkin terjadi pada saat melakukan ping :

Kendala : Ping request could not find host domainanda.com. Please check the name and try again.

Solusi : Apabila menemui kendala yang seperti itu, maka pastikan hal berikut :

Download ebook gratis kami disini untuk panduan lengkap menghubungkan domain ke gmail, zohomail, facebook dan twitter Anda.

  1. Pastikan nama domain anda telah aktif dan berstatus aktif (hubungi team support niagahoster untuk memastikan hal ini)

  2. Pastikan domain anda telah menggunakan nameserver yang benar, bagi anda pengguna layanan shared hosting kami bisa mengetahui informasi nameserver yang benar melalui tutorial berikut (https://www.niagahoster.co.id/kb/apa-nameserver-saya)

  3. Jika anda bertanya apakah domain saya sudah menggunakan nameserver yang benar, maka periksa nameserver yang di guankan oleh domain anda dengan menggunakan tools whois yang bisa di akses di halaman berikut : http://domain.niagahoster.co.id/tools/whois

Apakah pertanyaan Anda terjawab?