Semua Koleksi
Niagahoster
Cara Pasang Hotlink Protection di cPanel
Cara Pasang Hotlink Protection di cPanel
Tadas Vasiliauskas avatar
Ditulis oleh Tadas Vasiliauskas
Diperbarui lebih dari satu minggu yang lalu

Fitur Hotlink Protection pada cPanel berguna untuk mencegah agar orang lain tidak dapat membuat link langsung menuju file gambar yang ada di website Anda. Cara ini sangat efektif terutama apabila Anda memiliki gambar dengan hak cipta, selain berguna untuk mengurangi pemborosan bandwidth keluar pada website Anda, tentu saja. Tutorialnya dapat Anda simak berikut ini.

1. Sedikit scroll ke bawah pada halaman utama cPanel Anda, klik Hotlink Protection pada bagian Security.

2. Jika Anda memasukkan alamat website Anda pada daftar ini, artinya Anda mengizinkan file dalam website tersebut untuk diakses/dihubungkan oleh orang lain.

Kolom isian ini berisi alamat website yang Anda miliki dan secara default dimasukkan oleh sistem. Jangan khawatir, Anda dapat menghapusnya jika menginginkan.

3. Masukkan ekstensi file yang ingin Anda blok aksesnya pada website Anda. Perhatikan checkbox pada bagian bawah kolom isian ini. Beri tanda centang apabila Anda masih mengizinkan orang lain untuk membuat direct link ke file di website Anda jika mereka mengetahui URL file yang dimaksud.

4. Masukkan alamat URL pada kolom isian ini. User yang meminta request untuk file di website Anda akan diredirect ke halaman ini. Jika semua pengaturan sudah Anda lakukan, klik tombol Submit.

5. Sukses! Hotlink Protection Anda kini telah aktif. Klik Go Back untuk kembali ke halaman sebelumnya.

6. Anda dapat menonaktifkannya dengan mengklik tombol Disable.

Semoga membantu dan sukses selalu :)

Apakah pertanyaan Anda terjawab?