Penyebab paling umum terjadinya halaman kosong/putih adalah kurang lengkapnya karakter yang Anda masukkan. Jika Anda lupa memasukkan karakter ', atau }, atau ; , PHP tidak akan berfungsi normal. Anda mungkin tidak akan mendapat pesan error. Hanya saja, Anda akan melihat tampilan layar kosong.

Untuk mengetahui penyebab halaman kosong atau blank screen, lakukan beberapa cara ini:

  • Aktifkan notifikasi error PHP. Pesan error PHP akan memberitahukan penyebab masalah ini. Untuk alasan keamanan, error tidak ditampilkan secara default. Jadi, Anda perlu mengaktifkan pesan error melalui hPanel secara manual.

  • Tes code website sesering mungkin. Dengan mengetes setiap code yang ditambahkan, Anda akan lebih mudah dan lebih cepat menemukan letak error.

  • Gunakan color-coded editor. Editor jenis ini akan menampilkan line yang tidak code yang kurang lengkap dalam warna yang berbeda. Dengan begitu Anda bisa langsung tahu mana bagian code yang harus diperbaiki. Saat ini fitur ini sudah tersedia di beberapa editor gratis.

  • Ubah code menjadi comment. Mulai dari bagian atas dan ubah semua code menjadi comment kecuali beberapa baris (line) pertama. Kemudian tambahkan echo () di atas comment. Jika echo berfungsi dengan normal, maka masalahnya akan langsung muncul di bagian bawah. Pindahkan bagian awal comment dan echo ke semua baris hingga Anda menemukan root yang menyebabkan error blank page.

CATATAN:

  • Jika Anda butuh bantuan developer untuk melakukan ini, temukan jasa developer di Fiverr

Apakah Anda menemukan jawaban?