Kecepatan website sangat penting untuk meningkatkan peringkat dan kepopuleran website. Jika website Anda semakin berkembang dan banyak pengunjung, maka sudah sewajarnya jika kecepatan loading website sedikit melambat. Dalam kasus ini, Anda perlu mengoptimasi website untuk membuat website jadi lebih cepat🚀

Biasanya kecepatan website WordPress yang melambat disebabkan oleh beberapa faktor berikut:

Terlalu banyak plugin

Menggunakan banyak plugin tidak selalu berdampak ke kecepatan website. Namun, itu plugin dengan kode yang buruk dan berukuran besar akan menurunkan kecepatan WordPress Anda secara drastis. Untuk itu, gunakan plugin yang berkualitas dan yang benar-benar diperlukan website Anda.

Plugin berkualitas dan bagus biasanya memiliki skor tinggi dan banyak didownload. Contohnya:

Tema terlalu berat

Tema website yang Anda pilih sangat memengaruhi kinerja website. Untuk itu, gunakan tema yang sesuai dengan kebutuhan website Anda. Pastikan Anda menggunakan tema yang memenuhi syarat berikut ini:

  • Cepat, ringan, dan dilengkapi dengan fitur yang dibutuhkan website

  • Jika memilih tema yang punya banyak fitur, pastikan Anda bisa menonaktifkan fitur yang tidak diperlukan

Ingat: tema WordPress yang cepat dapat meningkatkan kualitas SEO website. Lihat 15 rekomendasi tema WordPress tercepat di 2022.

Jika masalah masih berlanjut, lakukan optimasi dengan cara-cara yang ada di artikel ini: Bagaimana cara optimasi untuk mempercepat loading website saya?

Apakah Anda menemukan jawaban?