Semua Koleksi
Niagahoster Blog
Dev
Cara Membuat Email di cPanel
Cara Membuat Email di cPanel
Tadas Vasiliauskas avatar
Ditulis oleh Tadas Vasiliauskas
Diperbarui lebih dari satu minggu yang lalu

Cara membuat email di cPanel tidaklah sulit jika Anda tahu langkahnya. Anda bahkan dapat membuatnya sendiri dengan mudah tanpa memerlukan waktu lama. Tutorial kami kali ini akan membahas bagaimana cara membuat akun email dengan nama domain Anda sendiri di cPanel.

Daftar Isi

Apa yang Anda Butuhkan?

Sebelum memulai langkah pada tutorial ini, pastikan bahwa Anda:

  • Memiliki akses ke cPanel hosting Anda (Anda dapat membeli hosting di Niagahoster dengan kontrol panel cPanel dan gratis domain mulai dari paket Pelajar)

Langkah 1: Mengakses cPanel

Pertama, silakan akses cPanel Anda, untuk mengaksesnya dapat melalui http://namadomain.com:2082 atau http://namadomain.com/cpanel/. Kemudian login menggunakan username dan passwod cPanel Anda, jika tidak mengetahui detail loginnya silakan tanyakan ke bagian support hosting Anda.

Langkah 2: Pilih menu Email

cara membuat email di cpanel

Setelah berhasil masuk ke cPanel, silakan buka menu Email Accounts pada kolom Email. Anda juga dapat mengetikkan Email Accounts pada kolom pencarian di cPanel.

Langkah 3: Membuat akun email

Langkah ini merupakan proses untuk membuat akun email. Silakan masukkan nama dari akun email yang ingin Anda buat, misalnya namaanda@domainanda.com. Setelah itu silakan masukkan password yang ingin Anda gunakan untuk email Anda. Kami sangat menyarankan penggunaan huruf kapital, huruf kecil, dan angka pada password Anda.

Selanjutnya Anda perlu menetapkan Mailbox Quota. Tujuannya adalah untuk menentukan besar ukuran penyimpanan akun email Anda.

  • Tersedia dua pilihan default, pilihan standar sebesar 1024 MB dan unlimited.

  • Jika Anda memilih 1024 MB, dan email masuk sudah mencapai limit, Anda tidak dapat menerima email lagi.

  • Jika Anda memilih unlimited, Anda tidak perlu menambah limit lagi apabila email sudah penuh. Nah, apabila akun email digunakan oleh Anda sendiri, silakan pilih Unlimited.

Baca juga:
Panduan Membuat Email Auto Reply di cPanel

membuat akun email cpanel

Langkah 4: Tahap Penyelesaian Cara Membuat Email di cPanel

Setelah mengisi semua detail yang Anda perlukan, silakan klik tombol Create Account. Selanjutnya Anda akan melihat pesan bahwa akun telah berhasil dibuat.

cara membuat akun email

Kesimpulan

Dengan menyelesaikan langkah tutorial cara membuat email di cPanel ini, Anda telah berhasil membuat akun email dengan domain Anda sendiri. Jika pada proses pembuatan akun email menemukan pesan error, silakan hubungi layanan penyedia hosting yang Anda gunakan.

Apabila Anda pernah mencoba sendiri sebelumnya, atau mengalami kesulitan, jangan ragu berdiskusi dengan kami melalui kolom komentar di bawah ini

😊
Apakah pertanyaan Anda terjawab?