Signature email adalah teks yang terletak pada bagian akhir email. Signature dapat berupa informasi kontak Anda seperti nama, alamat email, URL website, maupun informasi bisnis Anda. Untuk mempermudah Anda menambahkan signature, Anda dapat melakukan pengaturan agar signature tersebut dapat secara otomatis tampil setiap kali Anda mengirimkan email. Tutorial kami kali ini akan secara spesifik membahas cara membuat signature email menggunakan RoundCube, agar dapat ditambahkan otomatis di akhir pesan email.
Daftar Isi
Apa yang Anda Butuhkan?
Sebelum Anda memulai langkah pada tutorial ini, pastikan bahwa Anda:
Memiliki akses ke WebMail
Langkah 1: Buka Pengaturan Signature Email
Silakan login ke control panel WebMail dan pilih RoundCube. Menu ini pada umumnya dapat diakses melalui URL namadomain.com/webmail. Apabila Anda tidak dapat mengaksesnya melalui link tersebut, silakan hubungi tim support layanan hosting yang Anda gunakan.
Pada control panel RoundCube, silakan klik tombol Settings yang terletak di bagian kanan atas.
Di dalam menu pengaturan RoundCube, silakan pilih menu Identities.
Setelah berada di dalam menu Identities, silakan klik akun email yang ada di sebelah kanan. Pada contoh ini hanya ada satu email, yaitu admin@example.com.
Langkah 2: Cara Membuat Signature di Email
Silakan isi signature yang ingin Anda tambahkan pada bagian akhir setiap email yang Anda kirimkan, kemudian klik tombol Save.
Di langkah ini Anda telah menyelesaikan cara membuat signature email yang akan secara otomatis ditampilkan setiap kali Anda mengirimkan email.
Anda dapat melihat contoh di bawah ini untuk mengetahui seperti apa tampilan signature yang telah berhasil Anda buat.
Kesimpulan
Signature pada email dapat memberikan manfaat lebih bagi Anda. Di sini Anda bisa sekedar memperkenalkan diri, mempromosikan layanan, hingga membuat para subscriber tertarik menghubungi Anda. Menariknya lagi, ‘trik’ email signature juga digunakan oleh para perusahaan bersar. Anda pernah berkirim email dan melihat signature seperti ‘Sent by My Samsung’ atau ‘Sent by My iPhone’? Ini hanyalah salah satu cara perusahaan besar menggunakan signature untuk mempromosikan produk/layanan mereka.
Kini saatnya Anda mencoba. Setelah menyelesaikan seluruh langkah pada tutorial ini, tentunya Anda telah mengetahui cara membuat signature di email agar dapat muncul secara otomatis.
Apabila Anda masih memiliki pertanyaan seputar hal ini, atau bahkan ingin berbagi pengalaman, jangan ragu menyampaikannya melalui kolom komentar pada bagian akhir halaman. Kami akan dengan senang hati membantu Anda!