Semua Koleksi
Niagahoster Blog
Dev
Amankan URL Login WordPress Anda dengan Cara ini
Amankan URL Login WordPress Anda dengan Cara ini

Cegah error dan risiko keamanan dengan mengubah URL Login WordPress.

Tadas Vasiliauskas avatar
Ditulis oleh Tadas Vasiliauskas
Diperbarui lebih dari satu minggu yang lalu

Mengubah URL login WordPress dapat mengurangi percobaan login ilegal ke panel Admin website Anda. Secara default, URL login WordPress berupa namadomain.com/wp-admin. Hal tersebut cukup beresiko, karena URL default WordPress sudah diketahui oleh robot, script dan peretas.

Jika Anda mengubahnya, akan mengurangi resiko dibobol, seperti serangan brute force dan tentunya akan mengurangi penggunaan bandwidth. Pastikan juga untuk membuat username dan password yang cukup kuat, sehingga tidak mudah ditebak.

Pada tutorial ini, kami akan membahas cara mengubah URL login WordPress.

Apa yang Anda Perlukan?

Sebelum memulai langkah pada tutorial ini, Anda memerlukan:

  • Login ke Dashboard WordPress

Mengubah URL Login WordPress

Untuk mengubah URL login WordPress dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu dengan menggunakan plugin atau melalui pengaturan code pada WordPress. Untuk mengubah URL login pada WordPress dengan melakukan pengaturan pada code WordPress pastinya sedikit lebih rumit.

Namun Anda tidak perlu bersusah payah dengan melakukan perubahan pada code WordPress, Anda cukup melakukan instalasi sebuah plugin. Kami merekomendekasikan untuk menggunakan plugin WPS Hide login.

login wordpress

Pada saat artikel ini ditulis, plugin ini sudah mencapai diatas 100.000 instalasi aktif. Untuk melakukan instalasi, silakan masukkan nama plugin tersebut pada kolom pencarian dengan mengetikkan WPS Hide Login. Jika Anda belum mengetahui cara melakukan menginstalnya, silakan ikuti tutorial cara instal plugin WordPress.

Plugin ini cukup ringan dan tidak ada perubahan yang dilakukannya pada core dan rewrite rule. Selain itu, plugin ini juga kompatibel dengan plugin bbPress, Limit Login Attempts, BudyPress, dan User Switching.

plugin ini hanya memiliki satu pilihan untuk melakukan sedikit konfigurasi. Setelah plugin ini diaktifkan, Anda hanya perlu memberikan nama untuk URL login Anda dibagian WPS Hide Login pada kolom Login URL. Silakan pilih menu Settings > General.

mengubah url login wordpress

Catatan: Setelah Anda menyimpan perubahan pada plugin ini, maka secara otomatis URL login WordPress sebelumnya sudah tidak dapat diakses kembali. Jika Anda tidak dapat mengakses halaman login dengan URL baru, silakan hapus plugin ini melalui FTP client seperti FileZilla.

Kesimpulan

Dengan mengubah URL login WordPress dapat mencegah error yang sering muncul seperti error “429 Too Many Request”. Error tersebut biasanya ditampilkan oleh server ketika ada pengunjung yang mengirimkan banyak request. Biasanya pengunjung tersebut berupa robot atau script.

Jika Anda memiliki pertanyaan ataupun masukkan mengenai artikel ini, silakan untuk meninggalkan komentar pada kolom di bawah ini. Silakan Subscribe pada kolom yang tersedia untuk mendapatkan artikel terbaru langsung di inbox email Anda.

Apakah pertanyaan Anda terjawab?