Kecepatan wesbsite adalah faktor penting dalam performa website. Menurut Google waktu ideal untuk loading halaman adalah kurang dari 2 detik. Hal ini disebabkan karena 50% pengunjung akan langsung meninggalkan situs yang waktu loadingnya lebih dari 3 detik.

Berikut ini adalah beberapa hal yang menyebabkan menurunnya kecepatan website:

Mari kita lihat penjelasannya satu per satu 😊

Maintenance server

Kami rutin melakukan maintenance server untuk meningkatkan dan mengupgrade server kami. Dalam beberapa kasus, maintenance server dapat mempengaruhi kecepatan website Anda.

Apabila website tiba-tiba melambat, coba lihat proses maintenance server di Status Page Hostinger. Jika maintenance server sedang berlangsung, Anda tidak perlu khawatir. Setelah maintenance server selesai, kecepatan website Anda akan kembali normal.

Lokasi fisik server yang jauh dari Anda

Semakin jauh lokasi server dari Anda, semakin lama pula waktu loading website Anda.

Untuk mengatasi hal ini, pasang CDN (Content Delivery Network), misalnya Cloudflare. Fungsinya adalah untuk menyimpan file di beberapa server di berbagai negara. Jadinya, lokasi server tidak lagi mempengaruhi kecepatan loading website Anda.

Namun dalam beberapa hal, CDN dapat mengatasi masalah ini. Contoh: jika target Anda adalah orang-orang di Amerika dan server Anda berada di Asia, maka CDN tidak akan banyak membantu. Solusi terbaik yang dapat Anda lakukan adalah menggunakan tool transfer server Hostinger untuk memindahkan hosting ke lokasi yang lebih dekat 😊

Penggunaan kapasitas server yang melebihi batas

Performa website akan menurun apabila penggunaan resource meningkat dan melebihi batas.

Untuk itu, kami sarankan Anda mengecek statistik penggunaan secara rutin. Apabila statistik penggunaan website sudah cukup tinggi, temukan cara mengatasinya di panduan ini: Mengatasi "Paket hosting telah melebihi batas penggunaan"

Kekurangan sistem cache

Cache menyimpan file di perangkat pengguna browser. Setiap kali pengguna mengakses situs tersebut, perangkat tidak perlu lagi mengunduh file dari server. Hal inilah yang akan membuat waktu loading website lebih cepat.

Untuk mendapatkan performa website terbaik, kami sarankan Anda melakukan leveraging browser cache dengan plugin LiteSpeed Cache (untuk website WordPress) atau CloudFlare 🚀

Optimasi website yang buruk

Optimasi website adlah salah satu aspek penting untuk meningkatkan kecepatan website. Untuk meningkatkan kecepatan loading website, gunakan dua tool di bawah ini:

Untuk lebih memahami cara menggunakan GTmetrix, baca panduan ini: Bagaimana cara menggunakan GTmetrix?

Optimasi database query yang buruk

Untuk optimasi query, Anda harus benar-benar paham cara pembuatan query, cara mencari data yang penting atau membatasi hasil query. Untuk bantuan, gunakan tool seperti EverSQL atau konsultasi di forum terkait. Cek juga artikel berikut ini yang membahas beberapa hal penting tentang optimasi query. Jika Anda kurang menguasai cara optimasi query, kami sarankan untuk menghubungi developer Anda terlebih dahulu.

CATATAN:

Apakah Anda menemukan jawaban?