Pada umumnya, siklus domain terdiri atas enam periode:

  1. Tersedia (available)
  2. Aktif (aktif)
  3. Masa tenggang (grace period)
  4. Masa penebusan (redemption period)
  5. Menunggu Penghapusan (Pending Deletion)
  6. Domain dihapus - kembali ke status Tersedia

Berikut gambar 'siklus hidup domain' beserta penjelasan setiap periode:

Tersedia (Available)

Periode pertama untuk siklus hidup domain adalah Tersedia (Available). Setelah menentukan nama domain, cek ketersediaannya DI SINI.

Aktif (Active)

Apabila nama domain yang dipilih tersedia, statusnya akan berubah menjadi Aktif (active) setelah dibeli dan dikonfigurasi. Biasanya, periode aktif ini berlangsung selama 1 tahun sampai masa kedaluwarsa. Apabila pemilik domain masih ingin menggunakan domain yang sama, lakukan perpanjangan selagi status masih Aktif.

Masa Tenggang (Grace period)

Jika masa aktif domain sudah berakhir tapi belum diperpanjang, domain akan masuk dalam masa tenggang (grace period). Periodenya bervariasi, mulai dari 30 sampai 45 hari. Pada masa tenggang, Anda masih punya kesempatan untuk mendapatkan kembali hak kepemilikan domain karena domain belum dihapus. Tidak ada biaya tambahan untuk keluar dari masa tenggang. Anda hanya perlu melunasi biaya standar perpanjangan domain yang diberlakukan provider.

CATATAN: beberapa TLD yang tidak memiliki masa tenggang adalah .online, .pw, .site, .space, .store, .tech, .website, .xyz (domain dengan ekstensi ini akan langsung masuk periode penebusan setelah masa aktif berakhir).

Masa penebusan (Redemption period)

Setelah masa tenggang, siklus domain selanjutnya adalah masa penebusan (terkadang disebut Redemption Grace period atau masa tenggang dan penebusan) yang berlangsung selama 30 hari. Jika ingin memperpanjang domain yang sudah masuk ke masa ini, Anda harus membayar biaya tambahan. Nominanya bervariasi, tergantung pada TLD yang dipilih.

Menunggu Penghapusan (Pending Deletion)

Setelah masa penebusan, status domain akan berubah menjadi Menunggu Penghapusan. Pada periode ini, Anda tidak punya opsi lain selain menunggu sampai nama domain dihapus dan tersedia kembali untuk dibeli.

Apakah Anda menemukan jawaban?