Pada dasarnya, error 503 (Service Temporarily Unavailable) disebabkan oleh penggunaan resource yang melebihi kapasitas yang telah ditentukan. Berikut beberapa penyebab umum dan cara memperbaikinya:

CPU, Memori, dan Proses

Dua cara terbaik untuk mengatasi error 503 adalah:

  1. Upgrade paket hosting agar Anda dapat menggunakan lebih banyak resource dari paket saat ini.
  2. Lakukan optimasi website berdasarkan rekomendasi dari GTMetrix.

Umumnya, error 503 muncul muncul Anda telah melebihi batas penggunaan CPU, memori fisik, atau jumlah proses yang berjalan dalam waktu bersamaan. Untuk memastikan penyebabnya, masuk ke hPanel akun hosting, cari menu bernama Order Usage, lalu cek seberapa banyak resource yang telah Anda gunakan.

Idealnya, grafik seharusnya tidak mencapai garis merah:

Di bawah ini contoh penggunaan resource memori yang melebihi batas:

Catatan: Grafik order usage diperbarui setiap 15-30 menit. Jika error baru muncul pada website, tunggu beberapa saat untuk melihat angka terbaru.

Apa yang harus dilakukan jika website melebihi batasan tersebut?

Berikut beberapa cara menurunkan kelebihan penggunaan resource:

  1. Perhatikan jumlah pengunjung website. Jika Anda melihat angka yang tidak wajar (misalnya, website biasanya hanya dikunjungi oleh sekitar 100 visitor, tetapi angka tiba-tiba berubah menjadi 1000), website Anda mungkin terkena serangan DDoS. Sebagai upaya perlindungan, Anda perlu menginstal CloudFare di website (jika belum) dan aktifkan mode Under Attack. Dengan begitu, visitor yang dianggap bot tidak akan dapat mengakses website Anda.
  2. Jika Anda melebihi batas jumlah proses yang berjalan dalam waktu bersamaan:

Dalam kasus seperti ini, Anda dapat segera mengonlinekan website lagi dengan menghentikan proses yang sedang aktif. Untuk melakukannya, masuk ke halaman Hosting → Manage → Reset account, lalu klik Stop running processes:

Setelah itu, langsung lakukan langkah keempat.

3. Jika terjadi kelebihan penggunaan resource secara berkala (misalnya, setiap 6 bulan sekali), periksa task terjadwal website Anda. Kemungkinan Anda telah mengatur eksekusi script atau tindakan tertentu sehingga menyebabkan kelebihan penggunaan ini.

4. Solusi paling penting dan efektif adalah melakukan optimasi website karena makin teroptimasi suatu website, maka makin sedikit resource yang digunakan dan makin cepat waktu loadingnya. Masuk akal, bukan?

Ada banyak tool yang dapat Anda gunakan untuk mengecek performa website, seperti GTMetrix, Google Page Speed, dan masih banyak lagi. Untuk melakukan optimasi, jalankan analisis performa website menggunakan salah satu tool tersebut, lalu dapatkan rekomendasi cara memperbaikinya.

Perlu diingat bahwa terkadang website memiliki waktu loading yang cepat, tetapi kurang teroptimasi.

Website semacam ini juga perlu dioptimasi.

5. Jika Anda sudah mencoba semua langkah dan mengoptimasi website, tetapi resource tetap habis terpakai, mungkin artinya kapasitas paket hosting yang sekarang sudah tidak cukup untuk website Anda. Hal ini wajar terjadi karena seiring dengan berjalannya waktu, website Anda pasti makin besar dan berkembang. Saat itulah Anda harus mengupgrade paket hosting dengan resource lebih besar. Dan tidak perlu khawatir, selisih biaya dan sisa waktu langganan dari paket sebelumnya akan dikalkulasi dan ditambahkan ke paket yang baru.

Inodes dan disk space

Jika pesan error 503 muncul di website, tetapi hanya sedikit resource yang sudah digunakan, mungkin masalahnya ada pada disk space dan/atau inodes. Anda dapat melihat informasi penggunaan dari dasbor akun hosting:

Catatan: Informasi ini diupdate dua kali dalam sehari. Jika ingin melihat informasi terbaru, silakan hubungi tim support kami melalui live chat.

Apa yang harus dilakukan jika disk usage dan/atau inodes melebihi kapasitas?

Jika website Anda telah melebihi batas inodes atau disk space, Anda dapat mencoba beberapa cara berikut:

  1. Hapus semua file yang tidak diperlukan (file cache, file duplikat, file backup lama, dan lainnya). Jika Anda khawatir file penting website terhapus secara tidak sengaja, buatlah backup di awal;
  2. Upgrade paket hosting: dengan melakukannya, Anda akan mendapatkan resource yang lebih besar.

Opsi lainnya, Anda juga dapat mengintegrasikan Google Drive ke website. Paket gratis Google Drive menyediakan disk space 15 GB yang dapat Anda gunakan untuk menyimpan file berukuran besar (seperti dokumen dan gambar), serta menambahkan link ke file tersebut di website.

Apakah Anda menemukan jawaban?