Pengalihan hosting dapat diatur melalui menu Pengalihan (Redirect). Buka cPanel, lalu klik Redirects:

Anda akan diarahkan ke halaman Redirects. Di bagian ini, Anda bisa memilih tipe pengalihan beserta domain dan custom path (jika diperlukan) yang akan dialihkan. Anda juga dapat memilih apakah ingin mengalihkan domain lengkap dengan versi www atau tidak.

Pengalihan akan ditampilkan di bagian bawah. Hapus jika diperlukan:

Tipe Pengalihan

Permanent 301

301 redirect adalah pengalihan permanen yang digunakan jika Anda tidak lagi membutuhkan URL asal. Pengalihan ini bersifat unmasked. Itu artinya pengunjung situs tahu kalau URL berubah di browser. 301 permanent bagus untuk SEO karena peringkat pencarian (search ranking) domain lama tetap tersimpan. Pengalihan ini seolah mengirim informasi ke mesin telusur bahwa ada dua domain (domain lama dan domain baru) yang merujuk pada satu website, tapi pengoperasiannya telah dipindahkan ke domain baru.

Temporary 302

302 redirect bersifat sementara atau temporary. Sama seperti 301 redirect, pengalihan ini juga unmasked, yang berarti pengunjung bisa melihat URL berubah di browser. Gunakan pengalihan ini apabila website sedang dalam pemeliharaan.

Wild Card Redirect

Wild Card Redirect akan mengalihkan semua file di dalam filename yang sama pada direktori yang dialihkan. Akan tetapi, Wild Card Redirect tidak dapat digunakan untuk mengalihkan domain utama ke direktori lain di situs Anda.

Selesai! Kini Anda sudah tahu cara membuat dan mengatur pengalihan di cPanel.

CATATAN:

Apakah Anda menemukan jawaban?