Jika Anda mendapatkan peringatan "Your message couldn't be sent because it includes content that other people on Facebook have reported as abusive" ketika hendak sharing website menggunakan URL khusus, itu artinya website diblokir oleh Facebook:

Pertama-tama, gunakan tool Facebook Sharing Debugger untuk mencari tahu masalah yang terjadi. Penggunaannya mudah. Anda hanya perlu memasukkan domain:

Ada dua cara untuk memperbaiki masalah ini (tergantung pada hasilnya):

Cara 1 - Website tidak memenuhi standar komunitas yang telah ditetapkan

Sebagai salah satu platform media sosial terbesar, Facebook memiliki standar komunitasnya sendiri. Penyebab paling umum mengapa URL website diblokir adalah karena website tersebut tidak mengikuti peraturan yang ada. Jadi, pastikan Anda mengecek situs terlebih dulu.

Apabila Anda yakin website tidak menyalahi aturan, atau Anda sudah menghapus konten yang dianggap tidak layak oleh Facebook, klik let us know dan buat permintaan untuk dilihat kembali (review):

Anda akan diminta untuk mengisi formulir dengan alasan dan penjelasan mengapa situs Anda tidak seharusnya diblokir:

Facebook akan memeriksa laporan Anda dalam beberapa hari setelah formulir diisi dan dikirimkan.

Cara 2 - Peringatan apa saja yang harus diperbaiki

Jika Anda melihat tab peringatan Warnings That Should Be Fixed, itu berarti ditemukan masalah di URL atau konten tertentu atau masalah umum terkait pengembangan website. Misalnya:

Apabila Anda belum pernah berkutat dengan pengembangan website, kami sarankan untuk segera mencari bantuan developer atau bertanya di forum khusus. Sebagai contoh, Anda bisa mengecek forum developer StackOverflow untuk meminta bantuan mengenai pengembangan atau development.

Jika peringatan di atas sudah diatasi, minta Facebook untuk kembali memeriksa (scrape) URL website:

Selesai! Kini Anda sudah bisa membagikan website ke teman-teman di Facebook atau bahkan mempromosikan bisnis online. 😊

Apakah Anda menemukan jawaban?