Setiap layanan email akan memeriksa konten email dan berbagai parameter untuk memastikan bahwa suatu email tidak berbahaya dan layak dikirim. Hal ini dilakukan oleh layanan email di pihak pengirim dan penerima email.

Kabar baik untuk Anda, kami mengetahui beberapa hal yang bisa meningkatkan reputasi domain Anda dan memastikan email Anda selalu terkirim secepat mungkin.

Langkah 1 - Menambahkan DNS record email

Selain MX record, dua tipe record lain yang penting dalam pengiriman email Anda adalah SPF dan DKIM record.

Jika Anda menggunakan nameserver Hostinger, lakukan setup SPF dan DKIM record dengan buka menu Email di hPanel → pilih nama domain → Pengiriman Email dan pilih Atur semua ke default:

Jika Anda menggunakan Email Hostinger tetapi domain mengarah ke nameserver lain, Anda dapat menemukan record di halaman yang sama di bagian Kelola Pengiriman Email, atau baca artikel berikut ini:

Jangan lupa untuk menambahkan DNS record ke nameserver layanan di mana domain Anda diarahkan.

CATATAN:

  • Perubahan pada DNS Zone akan memicu propagasi yang memerlukan waktu hingga 24 jam.

Langkah 2 - Memperbaiki Subjek Email

Salah satu penting yang mempengaruhi pengiriman email Anda adalah subjek email. Oleh karena itu, hindari hal-hal berikut dalam subjek email Anda:

  • Kata-kata salah ketik

  • Kata-kata seperti "Test" atau "Cek"

  • Frasa "Buka email ini", "Baca email ini", "URGENT",

  • Kumpulan huruf atau angka acak

Rekomendasi untuk subjek email Anda:

  • Hindari menulis topik dengan HURUF KAPITAL

  • Sesuaikan subjek email dengan isi email

  • Jangan masukkan seluruh pesan ke dalam kolom subjek. Pastikan subjek email pendek dan tidak terdiri satu kata, seperti "Halo".

  • Jangan kosongkan kolom subjek email

  • Hindari karakter khusus seperti%, <>, ^

  • Jangan tambahkan "Re:" untuk membalas email

Kesimpulan:

  • Subjek email yang buruk: "BACA", "siknvdjhvbls", "Re:"

  • Subjek email yang baik: "Informasi tentang pesanan", "Pameran Anggrek Jumat ini"

Tips di atas akan membantu Anda membuat subjek email yang akan dibaca dengan baik oleh server email dan penerima email. 😊

Langkah 3 - Melakukan Test Spam dengan Mail Tester

Setiap layanan email memiliki algoritma yang berbeda, tetapi Mail Tester memasukkan semua masalah utama yang sering terjadi di semua server. Setelah propagasi DNS record selesai, dan subjek email diperbaiki, lakukan test dengan MailTester. Caranya:

  1. Kirim email yang akan Anda kirimkan ke pelanggan atau penerima email ke alamat email yang muncul di layar.

  2. Ikuti rekomendasi selanjutnya.

Selesai! Setelah mengikuti langkah-langkah sederhana ini, email Anda pasti berhasil dikirim ke kotak masuk penerima 💪

Apakah Anda menemukan jawaban?