Semua Koleksi
Email
Cara mengatasi error "Gmail couldn't verify that domain actually sent this message"
Cara mengatasi error "Gmail couldn't verify that domain actually sent this message"

Konfigurasi SPF record di hPanel Hostinger setelah notifikasi 'email yang dikirim tidak terautentikasi' di Gmail

Shinta Theofani avatar
Ditulis oleh Shinta Theofani
Diperbarui lebih dari satu minggu yang lalu

Jika email yang dikirim tidak diautentikasi, Gmail akan menampilkan tanda tanya "?" berwarna merah di sebelah nama pengirim email:

Arahkan kursor ke ikon tanda tanya untuk melihat pesan yang mengatakan: "Gmail couldn't verify that [mydomain] actually sent this message (and not a spammer)". Artinya, Gmail tidak dapat memverifikasi jika email tersebut benar-benar dikirim oleh pemilik domain, dan bukan oleh spammer.

Pesan tersebut dapat membantu Anda menghindari serangan phising. Di beberapa kasus, pengirim yang sudah terdaftar dapat ditampilkan sebagai ''tidak terautentikasi'' karena SPF record belum ditambahkan di DNS Zone domain pengirim email tersebut.

Jika domain Anda sudah diarahkan ke nameserver Hostinger, maka SPF record akan ditambahkan secara default. Lihat informasi record dengan mengetik ''spf'' di kolom pencarian DNS Zone Editor:

Cara lain untuk mengeceknya adalah melalui Email → nama domain → Pengiriman Email:

Jika SPF record sudah benar dan proses propagasi sudah selesai, status record akan berubah menjadi Aktif:

Jika domain mengarah ke nameserver layanan lain, pengaturan SPF record hanya dapat dikelola dari layanan tersebut. Berikut adalah panduan menambahkan SPF record untuk Hostinger Email atau cPanel:

Jika Anda menggunakan Titan Email, lihat panduan setup domain untuk Titan Email.

CATATAN:

  • Perubahan DNS record akan memicu propagasi yang membutuhkan waktu hingga 24 jam. Email Anda akan ditampilkan sebagai "tidak terautentikasi" hingga propagasi selesai.

Apakah pertanyaan Anda terjawab?