Ikuti tiga langkah berikut ini untuk memindahkan website dari hPanel ke hosting CyberPanel VPS.

Langkah 1 - Download data dari hPanel

Untuk mendapatkan data dari hPanel dengan mudah, Anda hanya perlu mendownload backup. Jika website menggunakan database, download database website.

Jika Anda memiliki pengaturan hPanel seperti pengalihan (redirect), maka pengaturannya perlu dibuat ulang di CyberPanel. Jadi, jangan hapus domain dari paket hosting sebelum berpindah ke VPS.

CATATAN:

Langkah 2 - Upload data ke server baru dengan CyberPanel

Pertama, aktivasi order VPS. Setelah itu, login ke CyberPanel, dan tambahkan domain.

Untuk mentransfer file, upload backup dengan File Manager atau FTP:

Jika website menggunakan database, Anda perlu membuat dan mengupload database ke CyberPanel. Setelah database berhasil diupload, jangan lupa untuk update file konfigurasi dengan parameter database yang baru.

Proses migrasi website hampir selesai 🚀

Langkah 3 - Arahkan domain

Langkah terakhir untuk membuat website berjalan normal dengan VPS adalah dengan mengarahkan domain ke VPS. Apa pun panel yang digunakan, prosesnya kurang lebih sama. Ikuti langkah-langkahnya di panduan ini:

Setiap perubahan pada DNS record akan memicu propagasi yang membutuhkan waktu hingga 24 jam. Segera setelah propagasi selesai, website sudah dimigrasi sepenuhnya dari hPanel ke CyberPanel VPS 🎉

Bagaimana cara migrasi email?

Jika Anda menggunakan email Hostinger, lakukan dua langkah berikut:

  1. Setup server email (dalam bahasa Inggris)

  2. Migrasikan email

Jika Anda sebelumnya menggunakan provider email eksternal (Titan, Google, dan lain-lain), Anda tidak perlu mengubah apa pun dan hanya perlu memastikan semua DNS record email (MX, SPF, DKIM) sudah di setup dengan benar.

CATATAN:

Apakah Anda menemukan jawaban?