Semua Koleksi
VPS
VPS Minecraft
Panduan Minecraft server hosting di MultiCraft panel
Panduan Minecraft server hosting di MultiCraft panel
Shinta Theofani avatar
Ditulis oleh Shinta Theofani
Diperbarui lebih dari satu minggu yang lalu

Minecraft VPS hosting dapat dibeli di : https://www.hostinger.com/minecraft-server-hosting.

Setelah order diaktivasi, Anda dapat menemukan detail login di Multicraft Panel pada halaman manajemen VPS.

Memulai server Minecraft.

  1. Login ke Multicraft panel dengan kredensial admin

  2. Klik Create server di sebelah kiri

  3. Masukkan deskripsi server ke kolom berikut ini:

Nama: masukkan nama server

Player slots: masukkan jumlah pemain maksimum yang diinginkan

Memory: masukkan memori yang dialokasikan untuk Minecraft server. Jika Anda menjalankan Minecraft server single, Anda dapat memasukkan semua memori VPS. Misalnya, Anda membeli server VPS dengan memori 2GB, maka Anda dapat memasukkan 1024 pada kolom memory dan menaikkan kapasitas memorinya nanti). Perlu diingat: Anda tidak harus memasukkan semua memori yang tersedia. Sisakan setidaknya 1024MB agar server tidak memutuskan jaringan secara acak.

Semua pengaturan server dapat diubah kapan saja.

4. Klik Create, lalu klik Start

Anda dapat melihat dan mengontrol server dari baris perintah dengan mengklik tombol Console.

Untuk mengubah pengaturan Minecraft server seperti Tingkat Kesulitan, Mode Game, Spawn Monsters, Spawn NPC, dan yang lainnya, buka Files >> Config >> Server Settings. Setelah membuat perubahan, restart Minecraft server.

Tips konfigurasi server

Online Mode - Untuk menjalankan Minecraft server dengn Minecraft launcher versi cracked (non-official). Akses file server.properties di opsi Config Files dan ubah online mode ke disabled.

Enabled - Pemain harus menggunakan Minecraft launcher resmi untuk dapat terhubung ke server.
Disabled - Pemain dapat terhubung dengan Minecraft launcher versi cracked (non-official).

Render Distance - Menunjukkan banyaknya chunk (16x16x256 block size) adalah jangkauan maksimum bagi pemain untuk melihat semua sisi.

16 - Cocok untuk server Enderman Plan atau Herobrine Plan (dapat mengurangi performa secara signifikan apabila digunakan di paket lain).
10 - (Default) Direkomendasikan untuk semua paket.
8 - Terbaik untuk Alex plan.

Net Compression Threshold - Opsi ini akan mengurangi ukuran paket sebelum dikompres oleh server. Value yang diatur semakin tinggi dapat menghemat resource walaupun mengorbankan bandwidth. Untuk menonaktifkan opsi ini, masukkan -1.

512 - (Recommended)
256 - (Default)

Dokumentasi lengkap untuk file server.properties: https://minecraft.gamepedia.com/Server.properties

Game Server Pre-Installed

Vanilla Default Minecraft Server - versi resmi Minecraft server yang dirilis Mojang. Cocok untuk Anda yang ingin mendapatkan pengalaman vanilla tanpa mod atau plugin apa pun.

Pocket Mine - software server kustom untuk Minecraft: Bedrock family dari edisi Minecraft (termasuk Android, iOS, W10, dan lainnya).

CraftBukkit - Vanilla Minecraft Server yang dimodifikasi dengan Bukkit API (Application Program Interface) terpasang di dalamnya. Bukkit adalah API yang digunakan plugin Bukkit untuk berinteraksi dengan server.

Spigot - Minecraft server yang dimodifikasi berdasarkan CraftBukkit. Spigot menyediakan optimasi performa, opsi konfigurasi, dan fitur yang kompatibel dengan semua plugin yang ada dan konsisten dengan mekanisme permainan Vanilla Minecraft.

PaperMC - fork berperforma tinggi dari Spigot Minecraft Server yang bertujuan untuk memperbaiki ketidakkonsistenan gameplay dan mekanik dan juga meningkatkan kinerja. PaperMC berisi banyak fitur, perbaikan bug, pencegahan eksploitasi, dan peningkatan performa yang tidak ditemukan di Spigot. (Direkomendasikan untuk pengguna yang ingin mencapai performa terbaik dengan paket yang digunakan saat ini tanpa mengorbankan fitur atau fungsionalitas server).

Update Minecraft Server

Lakukan update jika Anda mendapatkan error Outdated server! I'm still on 1.16.2

saat sedang menghubungkan ke server.

Untuk update Minecraft server ke versi terbaru, buka tab Settings, klik Update Minecraft dan pilih file JAR yang digunakan di server Anda. Kemudian klik Update.

Game Launcher
Unofficial Minecraft launcher - https://tlauncher.org/en/
Pocket Mine Launcher - https://tlauncher.org/en/pe.html

Dokumentasi lengkap MultiCraft Panel:

Apakah pertanyaan Anda terjawab?