Artikel dibuat menyesuaikan tampilan baru hPanel. Butuh waktu beberapa saat hingga akun Anda menggunakan tampilan baru.


Apa itu hostname VPS?

Hostname adalah nama perangkat Anda dalam suatu jaringan. Biasanya hostname ditampilkan sebagai nama server yang mengirimkan email. Jadi, nama hostname yang baik akan memudahkan Anda dalam mengidentifikasi server.

Hostname VPS Anda dapat dilihat di bagian Server hPanel.

Kami sarankan untuk menjadikan hostname sebagai subdomain. Contohnya serverku.domain.tld, dimana "serverku" adalah hostname dan "domain.tld" adalah domain (atau salah satu domain) yang dihost di server ini.

CATATAN:

  • Dalam menentukan hostname, pastikan Anda memilih nama domain yang dapat Anda kelola sepenuhnya terutama untuk mengedit domain di DNS Zone.

Perbedaan hostname dan nama domain

Hostname dapat berupa apa saja, misalnya subdomain atau string sederhana seperti "serverku". Perbedaan keduanya ada di bisa atau tidaknya sebuah hostname diakses di internet.

Contoh: hostname "serverku" hanya dapat ditemukan di jaringan perangkat Anda sendiri, sedangkan hostname internet (nama domain) seperti “serverku.domain.tld” dapat diakses di internet.

Cara mengubah hostname VPS?

Buka halaman untuk mengelola VPS di hPanel, klik Settings:

Pada bagian Change Hostname, masukkan hostname VPS baru dan klik Save:

Perubahan hostname biasanya membutuhkan waktu hingga 10 menit untuk diproses. Namun, umumnya perubahan hostname diproses lebih cepat.

Apakah Anda menemukan jawaban?