Apa itu PTR record?

Pointer (PTR) record adalah record Domain Name System (DNS) yang memetakan alamat IP ke domain atau hostname, tidak seperti A record yang mengarahkan nama domain ke alamat IP.

Artinya, A record membantu komputer Anda untuk memahami bahwa saat Anda mengakses google.com, Anda harus diarahkan ke 8.8.8.8. Di sisi lain, PTR record membantu untuk memahami bahwa 185.185.185.185 harus dialihkan ke domain.tld (yang mana 185.185.185.185 adalah IP hosting Anda dan domain.tld adalah nama domain Anda).

Bagaimana cara menambahkan PTR record?

PTR record harus dibuat di bagian server Anda. Di Hostinger, PTR record dapat dibuat melalui halaman Pengelolaan Server di order VPS Anda. Setiap perubahan DNS record akan memicu propagasi yang berlangsung selama 24 jam.

Apa yang perlu disiapkan untuk memasang PTR record?

Pertama, Anda memerlukan alamat IP khusus agar PTR record dapat di setup di VPS saja. Panduan lengkap tentang PTR record dapat Anda temukan di artikel ini.

Selain itu, Anda dapat mengatur reverse DNS pada IP Anda untuk mengubah alamat IP ke nama domain ketika domain yang dituju mengarah ke alamat IP yang dimaksud.

Untuk menambahkan PTR record, ikuti langkah mudah berikut ini:

  1. Arahkan domain ke VPS dengan A record

  2. Tunggu propagasi selesai

  3. Buat PTR record di VPS

Jika PTR record dibuat sebelum domain diarahkan ke IP VPS, Anda akan melihat notifikasi error seperti berikut:

Record domain.tld IN A 185.185.185.185 not exist. If you have added the DNS record recently, allow a few hours for DNS to propagate.

CATATAN:

Apakah Anda menemukan jawaban?