Untuk mengakses Statistik Penggunaan (Order Usage), masuk ke akun cPanel. Pada beranda cPanel, Anda dapat menemukan kolom Statisik pada bagian kanan layar:

Pada kolom Statistik, Anda dapat melihat semua metrik umum seperti penggunaan disk, akun email, inode, dan lainnya. Data yang ditampilkan adalah gambaran umum yang menunjukkan banyaknya kapasitas resource yang sudah Anda gunakan hingga saat ini.

Berikut penjelasan singkat dari masing-masing data:

Penggunaan Disk: ruang pada disk yang digunakan file dan proses saat ini

Inode: menunjukkan jumlah file yang ada di akun hosting Anda. Artinya, 1 enode = email yang disimpan di akun Anda, dan 3 inode = email yang berisi 2 lampiran.

Subdomain: digunakan untuk membuat URL yang mudah diingat untuk berbagai area konten di situs Anda. Bagian ini menunjukkan jumlah subdomain yang telah Anda buat. Untuk membuat subdomain, ikuti panduannya di sini.

Akun email: jumlah akun email akan berbeda tergantung pada paket yang Anda miliki. Jadi, lihat statistik ini untuk mengetahui berapa banyak akun email yang dapat Anda buat. Untuk membuat akun email, ikuti panduannya di sini.

Penjawab otomatis: bagian ini menunjukkan jumlah penjawab otomatis (auto responder) yang telah di setup di akun email Anda saat ini. Untuk membuat auto responder di cPanel, ikuti panduannya di sini.

Penerus (Forwarder): menunjukkan jumlah forwarder yang telah di setup di beberapa akun email. Misalnya, email yang masuk ke email@domain1.com akan langsung masuk ke example@gmail.com juga. Untuk membuat forwarder, ikuti panduannya di sini.

Filter email: menerima banyak email SPAM? Di bagian ini Anda dapat menemukan jumlah filter yang dapat di setup di akun Anda saat ini. Untuk membuat filter email, ikuti panduannya di sini.

Akun FTP: untuk mengunduh file besar atau memeriksa sesuatu dari jarak jauh dengan akun Anda, cara terbaik adalah dengan menggunakan FTP. Untuk membuat akun FTP, ikuti panduannya di sini.

Database MySQl: menunjukkan jumlah database yang ada di akun Anda saat ini! Metrik ini secara langsung memengaruhi kinerja paket dan ruang disk Anda. Untuk membuat database MySQL, ikuti panduannya di sini.

Penggunaan CPU: jumlah CPU yang digunakan oleh akun hosting Anda.

Proses entri: jumlah proses yang digunakan untuk memproses permintaan website.

Physical Memory Usage: menampilkan jumlah memori yang digunakan proses pelanggan.

IOPS: singkatan Input/Output Per Second, menunjukkan berapa banyak data yang dapat di baca/tulis per detik di akun Anda

Penggunaan I/O: berkaitan dengan IOPS, tetapi bagian ini menunjukkan waktu sebelum data benar-benar ditulis

Jumlah kasus: menunjukkan jumlah kasus klien yang mendapat error HTTP 503 karena server web tidak dapat melayani permintaan setelah mencapai limit proses entri (permintaan server web)

Untuk melihat analisis yang lebih detail, buka Penggunaan Sumber Daya dari menu Metrik:

Di sana, Anda akan mendapatkan informasi visual yang lebih detail tentang penggunaan paket hosting Anda:

Berikut ini adalah keterangan untuk singkatan-singkatan yang ada di sebelah kanan tabel:

CPUf: rata-rata penggunaan CPU dalam persentase fault

EPf: rata-rata "Entry Processes" atau request dari server web saat ini

VMemF: value menunjukkan jumlah maksimum memori yang dialokasikan untuk kesalahan proses klien

NprocF: kesalahan saat membuat proses baru

PMemF: menyangkut kebocoran memori. Dengan kata lain: situasi di mana proses membutuhkan banyak penggunaan memori dan permintaan klien baru tidak dapat dikirimkan.

IOf: waktu time out tulis data

IOPSf: time out jumlah data yang biasa ditulis

Selesai! Sekarang Anda sudah tahu cara melihat statistik penggunaan di cPanel. Jika membutuhkan bantuan, silakan langsung hubungi tim Customer Success 😊

Apakah Anda menemukan jawaban?