Semakin jauh jarak antara lokasi Anda dan lokasi server hosting website, semakin lama waktu respons yang diterima website. Di Hostinger, ada berbagai lokasi server yang dapat Anda pilih!

Penting bagi Anda untuk mengubah lokasi server agar website memberikan kecepatan loading terbaik bagi pengunjung Anda.

Bagaimana cara memulai transfer server?

Anda dapat memilih lokasi server dalam proses setup order. Jika akun hosting sudah diaktifkan, Anda dapat mengubah lokasi server melalui salah satu bagian ini:

  • Manajemen akun hosting

Buka halaman pengelolaan akun hosting. Pada kotak di sebelah kiri layar, Anda dapat melihat informasi umum tentang akun hosting, termasuk lokasi server saat ini. Untuk mengubah lokasi server, klik ikon Edit:

  • Detail akun

Pada hosting Anda, klik Kelola, gulir ke bawah hingga ke menu Akun, pilih menu Detail:

Pilih lokasi server yang diinginkan. Tekan Mulai untuk memulai transfer. Ingat: transfer akun hosting hanya dapat dilakukan sebulan sekali!

Apakah saya perlu mengubah lokasi server?

Pertimbangkan hal-hal berikut sebelum mengganti lokasi server:

  • Ketahui target pasar Anda: dari mana lokasi kunjungan terbanyak? Apakah lokasi pengunjung jauh dari lokasi server website?

  • Jika pengunjung Anda ada di seluruh dunia, solusi terbaik adalah menggunakan CDN. CDN menyimpan banyak salinan data website di server proxy di seluruh dunia. Dengan begitu, kecepatan website Anda akan tetap stabil di mana pun lokasi fisik pengunjung. Hal ini juga akan meningkatkan SEO dan memberi perlindungan DDoS tambahan

  • Jika mayoritas pengunjung berasal dari lokasi yang sangat jauh dari lokasi server, maka Anda memerlukan transfer server untuk meningkatkan performa website.

Apa yang terjadi selama proses transfer?

Perhatikan hal-hal berikut ini sebelum memulai transfer server:

  • IP hosting akan diperbarui

  • hPanel akan dikunci dan jangan lakukan perubahan apa pun selama transfer berlangsung.

Apa yang perlu dilakukan setelah transfer?

Anda perlu melakukan perubahan jika Anda mengarahkan domain ke Hostinger dengan A record (misalnya: domain mengarah ke Cloudflare). Jika domain diarahkan ke Hostinger melalui nameserver, Anda tidak perlu melakukan perubahan apa pun.

Ingat: perubahan akan memicu propagasi yang memerlukan waktu hingga 12 jam. Selama propagasi berlangsung, website tidak akan dapat diakses.

Anda juga perlu melakukan perubahan jika Anda menggunakan IP akun hosting untuk koneksi FTP. Pastikan Anda menggunakan IP baru (IP akan dikirimkan melalui email dan tersedia di hPanel setelah transfer selesai).

Selain itu, Anda juga perlu memperbarui value API atau script dengan IP spesifik.

  • Transfer selesai dalam waktu 4 jam. Perubahan pada DNS akan memicu propagasi yang berlangsung hingga 12 jam.

Saat transfer server, tentukan waktu yang tepat dan ingatlah bahwa hPanel akan dikunci, menyebabkan semua perubahan tidak tersedia.

CATATAN:

Apakah Anda menemukan jawaban?