Anda dapat mengganti versi standar (vanilla) Minecraft dengan Forge. Anda dapat menginstall mods dan modpack Forge dari CurseForge atau 9minecraft.

Menginstall forge

Berikut ini adalah langkah mudah untuk menginstall Forge di Game Panel. Pertama klik Instances dan pilih Manage:

Klik Configuration dan buka Minecraft:

Temukan Server Type, pilih Forge dari daftar drop-down. Kemudian pilih versi Forge yang sesuai dengan mods/modpack dan klik Download/Update:

Setelah setup selesai, notifikasi di pojok kanan bawah akan menghilang. Pilih versi Forge yang diinstall sebagai Server JAR. Forge akan aktif setelah Anda kembali menyalakan server:

CATATAN:

  • Jika versi Forge yang diinstall tidak ada di daftar pilih, klik tombol Scan for new JARs untuk menemukan versi Forge Anda.

Menginstall mods

Untuk install mods di Minecraft, upload paket dengan format .jar atau .zip ke folder mods. Setelah mods berhasil diinstall, buka File Manager:

Untuk membuat folder mods, klik kanan pada file/folder mana saja dan pilih opsi Create Directory:

Masukkan mods sebagai nama folder dan tekan OK.

Selesai! Mods/modpacks dari pihak ketiga sudah berhasil didownload dan ditambahkan ke folder.

CATATAN:

  • Bagaimana cara install plugin Minecraft di Game Panel?

  • Mods dibuat oleh pihak ketiga. Oleh karena itu, kami sarankan Anda untuk langsung menghubungi forum komunitas pengguna atau layanan bantuan pembuat mods saat mengalami kendala dalam penggunaan mods.

  • Forge hanya tersedia untuk edisi Minecraft Java

  • Minecraft Bedrock (Minecraft untuk Windows 10) tidak mendukung mods. Namun, Anda masih dapat meningkatkan fitur pada game dengan membeli addon yang ada di dalam Marketplace game.

  • Pastikan server tidak sedang berjalan saat menginstall mods. Untuk itu, periksa bagian Status dan pastikan aplikasi berada dalam status Stopped:

  • Download semua addon yang dibutuhkan untuk mod. Jika ada konten yang tidak lengkap, mod tidak akan berfungsi. Untuk mengetahui addon yang diperlukan, lihat ketentuan pada mod yang akan diinstall. Lihat contoh dari 9minecraft.net berikut ini:

Apakah Anda menemukan jawaban?