Artikel ini membantu Anda mengatasi berbagai error yang sering muncul di SSH. Untuk mengatasi kendala di SSH, pastikan SSH Access aktif dan berfungsi normal.

Berikut ini adalah daftar error SSH yang dibahas di artikel ini:

  • Koneksi terputus

  • Terminal SSH tertutup sendiri

  • Permission/Access denied

  • Connection refused

  • Connection timed out

  • Elevated permissions commands

  • Terminated, unfinished command atau Killed processes

Koneksi terputus

Jika pesan berikut muncul saat Anda mencoba melakukan koneksi SSH:

Error ini biasanya disebabkan karena SSH Access tidak aktif. Untuk mengatasinya, cukup aktifkan dan lakukan koneksi ulang.

Terminal SSH tertutup sendiri

Jika terminal SSH mendadak tertutup sendiri setelah Anda memasukkan password, atasi masalah ini dengan Nonaktifkan lalu Aktifkan SSH Access kembali. Koneksi berikutnya seharusnya akan berhasil.

Permission denied atau Access denied

Jika Anda menemukan pesan berikut:

Itu artinya Anda menggunakan kredensial SSH yang salah. Cek kembali detail SSH dan ganti passwordnya. Anda juga perlu mengganti password domain utama (nama domain yang terdaftar pada tab Tagihan akun hosting). Jika tidak, koneksi SSH tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya.

CATATAN:

  • Sebaiknya buat SSH key untuk akun hosting Anda sehingga Anda tidak perlu menggunakan password SSH

Connection refused

Error ini disebabkan karena Anda menggunakan port yang salah. Secara default, SSH menggunakan port 22 meskipun Hostinger mengaturnya pada port 65002 demi keamanan yang lebih terjaga. Karena itu, Anda perlu menggunakan port ini terutama saat melakukan koneksi.

Connection timed out

Error ini ditunjukkan dengan pesan ssh: connect to host 185.185.185.185 port 65002: Connection timed out pada terminal atau Network error: Connection timed out pada PuTTY. Penyebab utamanya adalah:

  • ISP (Internet Service Provider) memblokir traffic atau koneksi TCP masuk atau keluar pada port 65002. Hubungi ISP Anda untuk memastikan hal ini

  • Router atau hotspot memblokir traffic atau koneksi TCP masuk atau keluar pada port 65002. Periksa ulang pengaturan network hardware, lalu restart router

  • Terdapat local firewall atau antivirus yang memblokir traffic atau koneksi TCP masuk atau keluar pada port 65002. Periksa ulang pengaturan firewall dan nonaktifkan antivirus untuk sementara

  • Terjadi malfungsi pada software TCP/IP di sistem Anda dan internet mengalami gangguan. Periksa apakah Anda masih terhubung ke jaringan internet

  • IP server hosting Anda dialihkan ke null route karena adanya serangan DDoS atau sedang dalam maintenance

Elevated permission command

Terdapat elevated permission command (misalnya sudo) yang dinonaktifkan pada Shared hosting atau Cloud hosting karena alasan keamanan. Jika Anda ingin menggunakan command sudo, sebaiknya pilih VPS hosting. Perlu diketahui, VPS hosting bersifat self-managed yang artinya segala konfigurasi harus dilakukan secara manual.

Terminated command, unfinished command, atau killed processes

Jika menjumpai command atau perintah yang berjalan dengan benar, namun berhenti secara tiba-tiba, coba periksa Statistik Penggunaan website Anda. Setiap aktivitas pada SSH mengonsumsi resource akun Anda. Apabila resource telah habis terpakai atau tidak cukup, proses akan mengalami kegagalan. Untuk mengatasi masalah ini, jalankan proses dengan cara alternatif atau upgrade akun hosting.

Apakah Anda menemukan jawaban?