Dashboard WordPress adalah tool yang digunakan untuk mengelola dan mendapatkan informasi penting website WordPress Anda. Untuk membuka dashboard WordPress, buka tab Hosting → Kelola:

Pilih Dashboard di menu WordPress:

CATATAN:

  • Jika WordPress diinstall secara manual dan tombol dashboard tidak ada di menu, aktifkan Dashboard WordPress secara manual.

Di halaman yang terbuka, Anda dapat melihat tiga bagian berikut ini:

  1. Dashboard - bagian utama Dashboard WordPress; memuat semua informasi website

  2. Plugin - area untuk mengelola plugin

  3. Domain - area untuk memilih domain yang ingin dikelola

Dashboard

Halaman ini menampilkan informasi dan konfigurasi penting yang dibutuhkan website. Berikut ini adalah bagian-bagian di dalam Dashboard:

Inti

  1. Force HTTPS - jalankan website dengan protokol keamanan HTTPS. Caranya: tambahkan rule forcing ke file .htaccess ( pastikan sertifikat SSL sudah terinstall)

  2. Aktivasi mode maintenance - sangat bermanfaat, terutama untuk menyembunyikan website yang sedang dalam perbaikan. Anda juga bisa menggunakan plugin maintenance.

  3. Flush cache - bersihkan cache server agar perubahan terbaru website dapat ditampilkan dan dilihat langsung oleh pengunjung

  4. Update WordPress - untuk mengelola pengaturan update WordPress. Opsi tindakan yang tersedia diantaranya: update ke versi minor, jangan lakukan update, atau selalu update ke versi terbaru

Kecepatan & Keamanan

Melalui bagian ini, Anda dapat menginstall plugin cache LiteSpeed (sangat disarankan) dan mengaktifkan SSL dan Cloudflare. Ketiganya akan meningkatkan performa dan keamanan situs Anda.

Pemasangan Situs

Selain itu, Anda juga bisa menginstall WordPress untuk domain atau subdomain hanya dengan sekali klik:

Plugin

Bagian ini menampilkan semua plugin terinstall. Anda juga bisa mengaktifkan dan menonaktifkan semua plugin tanpa perlu mengakses /wp-admin:

Domain

Di sini Anda bisa memilih semua domain yang ingin dikelola:

Bagian sebelah kanan

  • Edit Website

    Anda bisa menemukan shortcut ke /wp-admin tanpa harus memasukkan kata sandi:

  • Database dan Backup Harian

    Bagian ini menampilkan dan membuka database yang digunakan website di phpMyAdmin. Anda juga dapat mengaktifkan backup harian (jika backup belum termasuk dalam paket hosting Anda):

  • Versi PHP dan WordPress

    Anda dapat mengubah versi PHP dan mengupdate WordPress secara manual di bagian ini:

CATATAN:

Apakah Anda menemukan jawaban?