Semua Koleksi
hPanel
Cara menggunakan Dashboard WordPress di hPanel
Cara menggunakan Dashboard WordPress di hPanel

Dashboard WordPress di hPanel

Shinta Theofani avatar
Ditulis oleh Shinta Theofani
Diperbarui lebih dari satu minggu yang lalu

Dashboard WordPress adalah tool yang digunakan untuk mengelola dan mendapatkan informasi penting website WordPress Anda. Untuk membuka dashboard WordPress, buka tab Hosting ā†’ Kelola:

Pilih Dashboard di menu WordPress:

CATATAN:

Di halaman yang terbuka, Anda dapat melihat tiga bagian berikut ini:

  1. Dashboard - bagian utama Dashboard WordPress; memuat semua informasi website

  2. Staging - untuk membuat staging environment untuk website WordPress Anda (tersedia di paket Business/Business WordPress atau di atasnya)

  3. Plugin & Security - area untuk mengelola plugin, seperti memeriksa versi saat ini, update, dan menonaktifkannya tanpa akses ke WordPress Admin Dashboard

  4. Learn with us - tersedia berbagai video tutorial dan Webinar dari Hostinger Indonesia (fitur ini mungkin tidak tersedia di beberapa brand)

Dashboard

Halaman ini menampilkan informasi dan konfigurasi penting yang dibutuhkan website. Berikut ini adalah bagian-bagian di dalam Dashboard:

Core

Di sini Anda bisa:

  • Force HTTPS - jalankan website dengan protokol keamanan HTTPS. Caranya: tambahkan rule forcing ke file .htaccess (pastikan sertifikat SSL sudah terinstall)

  • Aktivasi mode maintenance - sangat bermanfaat, terutama untuk menyembunyikan website yang sedang dalam perbaikan. Anda juga bisa menggunakan plugin maintenance.

  • Aktivasi LiteSpeed cache plugin (sangat disarankan)

  • Flush cache - bersihkan cache server agar perubahan terbaru website dapat ditampilkan dan dilihat langsung oleh pengunjung

  • Update WordPress - untuk mengelola pengaturan update WordPress. Opsi tindakan yang tersedia diantaranya: update ke versi minor, jangan lakukan update, atau selalu update ke versi terbaru

Speed & Security (Kecepatan & Keamanan)

Di bagian ini, Anda bisa memeriksa apakah SSL sudah aktif di website Anda, atau mengaktifkannya untuk mengoptimalkan keamanan website Anda.


Site Install (Pemasangan Situs)

Selain itu, Anda juga bisa menginstall WordPress untuk domain atau subdomain hanya dengan sekali klik:

Bagian sebelah kanan

  • Edit Website

    Anda bisa menemukan shortcut ke /wp-admin tanpa harus memasukkan password:

  • Database dan Backup Harian

    Bagian ini menampilkan dan membuka database yang digunakan website di phpMyAdmin. Anda juga dapat mengaktifkan backup harian (jika backup belum termasuk dalam paket hosting Anda):

  • Versi PHP dan WordPress

    Anda dapat mengubah versi PHP dan mengupdate WordPress secara manual di bagian ini:

CATATAN:

Apakah pertanyaan Anda terjawab?