Kami sedang mengimplementasikan fitur ini dalam paket Shared dan WordPress Hosting. Jangan khawatir jika Anda tidak menemukannya di hPanel, fitur ini pasti akan segera tersedia!


Apa itu malware?

Malicious Software atau yang biasa disebut malware adalah jenis software atau aplikasi yang dirancang untuk menyebabkan kerusakan pada aplikasi, komputer, dan jaringan.

Malware dapat mengubah file sistem dan/atau membuat file baru yang dapat mengakibatkan hal-hal berikut:

  • website melambat dan tidak responsif karena menggunakan resource paket hosting berlebihan

  • malware mengarahkan website (atau halaman website) ke website ilegal

  • menimbulkan error website lainnya

  • mencuri informasi pribadi atau sensitif dari website. Contoh: password pengunjung

Singkatnya, malware digunakan untuk tindakan ilegal. Pelajari selengkapnya tentang malware di video ini: Apa itu malware?

Maka dari itu, kami menghadirkan Pemindai Malware di hPanel untuk melindungi website Anda dari ancaman malware.

Cara menggunakan Pemindai Malware

Malware Scanner sendiri adalah tool otomatis yang terintegrasi dengan hPanel, yang berfungsi untuk mendeteksi adanya file berbahaya di website Anda.

Untuk menggunakan Pemindai Malware, buka HostingKelola. Di bagian Keamanan, klik menu Pemindai Malware:

  • Jika tidak ada malware yang terdeteksi, Anda akan melihat nama paket hosting dan kapan terakhir kali deteksi dilakukan:

  • Apabila ditemukan file mencurigakan, Malware Scanner akan menampilkan jumlah yang terdeteksi dan dibersihkan pada waktu tersebut, beserta ringkasan informasi berikut:

  1. Discovered malware (malware terdeteksi): jumlah total file yang disusupi dan ditemukan berbahaya selama pemindaian terakhir

  2. Actions taken (tindakan): menunjukkan file malware yang dihapus dari layanan hosting, dan file yang dibersihkan dari kerusakan

  3. Malware timeline (timeline malware): riwayat malware yang ditemukan selama 30 hari terakhir

  4. Show details (tampilkan detail): menampilkan daftar file berbahaya yang terdeteksi, tindakan yang dilakukan, dan lokasi file:

Kabar baiknya, Pemindai Malware berfungsi secara otomatis sehingga keamanan Anda terjaga setiap saat. Apabila Anda mengalami masalah setelah proses pembersihan malware, silakan hubungi tim Customer Success untuk mendapatkan bantuan.

CATATAN:

Apakah Anda menemukan jawaban?