Malicious Software atau malware adalah jenis software atau aplikasi yang dibuat untuk merusak komputer, jaringan, dan aplikasi lainnya.

Malware berbahaya untuk website karena disalahgunakan untuk tujuan ilegal dan memengaruhi kinerja website. Selain itu, akun hosting Anda dapat ditangguhkan jika menyebarkan malware, walau pun secara tidak sengaja.

Jika Anda menemukan konten berbahaya di akun Anda, lakukan langkah-langkah berikut untuk membersihkan malware:

Perbarui semua script ke versi terbaru

Pastikan untuk selalu update semua aplikasi dan script. Jika Anda menggunakan WordPress, periksa apakah ada pembaruan baru di bagian admin, plugin, hingga tema website.

Selalu aktifkan fitur auto-update, agar WordPress Anda selalu otomatis terupdate ke versi terbaru:

Aktifkan Kill Mode di Proactive Defense Imunify360

Secara default, Kill Mode langsung aktif di Proactive Defense Imunify360. Kill Mode dapat segera menghentikan dan mencegah penyebaran script berbahaya.

Untuk memeriksa pengaturan ini, login ke cPanel, dan pilih Imunify360 di bagian Keamanan:

Klik menu Proactive Defense dan pastikan Kill Mode sudah aktif:

Jika ada file mencurigakan yang terdeteksi dan tidak otomatis dihapus, buka tab Malware Scanner dan hapus file berbahaya dengan klik ikon sapu di bagian Actions:

Selanjutnya, klik Yes, Clean Up untuk menghapus file. Anda dapat melihat pemberitahuan di sudut kanan atas dasbor jika file berhasil dihapus:

Gunakan opsi Clean up all untuk menghapus semua file malware sekaligus:

Setelah malware dihapus, lakukan pembersihan malware sekali lagi untuk memastikan semua file berbahaya telah dihapus dan website bebas malware 😊

Apakah Anda menemukan jawaban?