Saat mengelola website, Anda pasti akan menangani error website yang tidak diketahui penyebabnya. Untuk mengatasi error seperti itu, gunakan fitur yang dapat menemukan solusi perbaikan yang tepat.

Pertama, aktifkan notifikasi PHP error.

  • Untuk menampilkan notifikasi langsung di website, beri centang di displayErrors (display_errors)

  • Untuk membuat file khusus berisi PHP error, tandai logErrors (log_errors)

Klik Simpan dan buka website Anda untuk melihat tampilan error spesifik.

Hal-hal yang perlu dilakukan

  1. Pastikan script diuplaod dalam mode ASCII atau Biner. Periksa script readme melihat instruksi lebih spesifik. Biasanya script perlu diupload dalam mode ASCII.

  2. Cek kepemilikan file atau direktori (chmod). Pastikan value folder 755 dan 644 untuk file.

  3. Pastikan tidak ada error di konfigurasi file .htaccess. Coba ganti nama file .htaccess untuk memastikan file .htaccess tidak bermasalah.

  4. Tambahkan aturan timeout langsung ke script PHP untuk menghindari error PHP timeout

  5. Tips terpenting: cari nama script + error internal server atau website builder + pesan error di Google. Kemungkinan besar Anda akan menemukan artikel dan solusi untuk error tersebut. Contoh: Cara memperbaiki "Error establishing a database connection"

Cara memperbaiki error tertentu

Kode error membantu Anda memperbaiki masalah website tanpa perlu memulihkan backup. Berikut adalah beberapa kode error yang mungkin Anda temui:

  • Call to undefined function: artinya beberapa file website mencoba membuka fungsi yang belum didefinisikan dengan benar. Error ini umumnya muncul karena adanya kesalahan versi PHP. Untuk mengatasi error ini, ubah versi PHP.

  • Parse error (Syntax Error): muncul ketika code yang ditulis tidak sesuai dengan syntax atau aturan bahasa program yang digunakan. Untuk error ini, cek file di lokasi yang ditentukan untuk menemukan error syntax yang bisa diperbaiki. Biasanya Anda hanya perlu menambahkan ";" di akhir baris untuk memperbaiki error syntax.

  • Warning error: berarti ada file yang hilang atau code dengan parameter yang salah. Jika Anda melihat Access denied for a user setelah "Warning" - cek file konfigurasi website untuk melihat detail database yang benar.

  • Fatal error: muncul jika code menggunakan fungsi require(), dan tidak dapat menemukan file yang diperlukan. Periksa file yang diperlukan. Jika tidak ada, upload atau restore file tersebut.

  • Depreciated error: artinya website memerlukan versi PHP yang lebih rendah. Untuk menghilangkan error ini, ganti PHP ke versi yang lebih rendah.

CATATAN:

  • Temukan solusi untuk mengatasi error di forum atau komunitas online website builder/plugin yang digunakan

  • Stackoverflow adalah situs forum/komunitas populer bagi para developer seluruh dunia untuk berbagi masalah dan solusi error website

  • Anda juga dapat menggunakan jasa developer profesional untuk mengelola website Anda

Apakah Anda menemukan jawaban?