Walaupun file sistem WordPress rusak dan backup terakhir sudah terlalu usang, Anda dapat melakukan restore file sistem. Ada dua opsi untuk restore file sistem WordPress:

  1. Dengan SSH - Anda perlu membuat sambungan ke akun hosting melalui SSH dan menjalankan 1 perintah. Opsi ini merupakan cara termudah dan tersedia untuk semua paket hosting kecuali paket Single Shared dan Starter WordPress.

  2. Dengan File Manager (beta) atau FTP - Anda hanya perlu download dan upload file, namun opsi ini cukup memakan waktu.

Apa pun opsi yang dipilih, Anda tidak perlu membuat perubahan apa pun pada database.


Opsi 1 - Restore file sistem WordPress dengan SSH

Langkah 1 - Buat sambungan melalui SSH

Pertama, hubungkan akun melalui SSH dan buka public_html (atau folder kustom tempat Anda menginstall WordPress). Umumnya, path folder adalah seperti ini:

cd domains/domain.tld/public_html


Langkah 2 - Restore file

Jalankan perintah ini:

backup=WP_`date +%s` && mkdir $backup && mv wp-admin $backup && mv wp-includes $backup && mv *.php $backup && wget https://wordpress.org/latest.zip && unzip latest.zip && rm -rf wordpress/wp-content && mv wordpress/* . && cp -rv $backup/wp-config.php .


Setelah proses upload selesai, cek website dengan menggunakan jendela penyamaran atau mode incognito pada browser. Jika website masih dalam versi lama, Anda dapat restore website dari backup.


Opsi 2 - Restore file sistem WordPress dengan FTP atau File Manager

Langkah 1 - Persiapan

Pertama, buat backup website. Anda dapat membuat backup dengan hPanel atau dengan membuat sambungan ke FTP dan download salinan terbaru situs Anda.

Langkah 2 - "Bersihkan" WordPress

Kunjungi WordPress.org dan download arsip Wordpress tanpa plugin dan tema. Pastikan Anda mendownload versi yang sama dengan yang Anda gunakan

Arsip akan terlihat seperti berikut:

Langkah 3 - Salin file WordPress ke Hosting

Salin semua file dan folder dari folder WordPress ke folder public_html (atau folder lain yang Anda gunakan untuk install WordPress)

  • Buka Hosting Kelola File Manager (beta):


Klik Upload

Pilih file dan folder WordPress yang sudah dibersihkan. Apabila muncul jendela seperti di bawah, klik Replace untuk mengganti file sistem:

Setelah proses upload selesai, cek website dengan menggunakan jendela penyamaran atau mode incognito pada browser. Anda dapat melihat plugin, tema, dan konten WordPress yang sudah berhasil direstore dan disimpan.

CATATAN:

Apakah Anda menemukan jawaban?