Semua Koleksi
Website
Restore file sistem WordPress
Restore file sistem WordPress
Yang harus dilakukan jika file sistem WordPress rusak
Shinta Theofani avatar
Ditulis oleh Shinta Theofani
Diperbarui lebih dari seminggu yang lalu

Anda dapat melakukan restore file sistem walaupun file sistem WordPress rusak dan backup terakhir sudah terlalu usang. Ada dua opsi untuk restore file sistem WordPress:

  1. Dengan SSH - Anda perlu membuat sambungan ke akun hosting melalui SSH dan menjalankan 1 perintah. Opsi ini merupakan cara termudah dan tersedia untuk semua paket hosting kecuali paket Single Shared dan Starter WordPress.

  2. Dengan File Manager atau FTP - Anda hanya perlu download dan upload file, namun opsi ini cukup memakan waktu.

Apa pun opsi yang dipilih, Anda tidak perlu membuat perubahan apa pun pada database.


Opsi 1 - Restore file sistem WordPress dengan SSH

Langkah 1 - Buat sambungan melalui SSH

Pertama, hubungkan akun melalui SSH dan buka public_html (atau folder kustom tempat Anda menginstall WordPress). Umumnya, path folder adalah seperti ini:

cd domains/domain.tld/public_html


Langkah 2 - Restore file

Jalankan perintah ini:

backup=WP_`date +%s` && mkdir $backup && mv wp-admin $backup && mv wp-includes $backup && mv *.php $backup && wget https://wordpress.org/latest.zip && unzip latest.zip && rm -rf wordpress/wp-content && mv wordpress/* . && cp -rv $backup/wp-config.php .


Setelah proses upload selesai, cek website dengan menggunakan jendela penyamaran atau mode incognito pada browser. Jika website masih dalam versi lama, Anda dapat restore website dari backup.


Opsi 2 - Restore file sistem WordPress dengan FTP atau File Manager

Langkah 1 - Persiapan

Pertama, buat backup website. Anda dapat membuat backup dengan hPanel atau dengan membuat sambungan ke FTP dan download salinan terbaru situs Anda.

Langkah 2 - "Bersihkan" WordPress

Kunjungi WordPress.org dan download arsip Wordpress tanpa plugin dan tema. Pastikan Anda mendownload versi yang sama dengan yang Anda gunakan

Arsip akan terlihat seperti berikut:

Langkah 3 - Salin file WordPress ke Hosting

Salin semua file dan folder dari folder WordPress ke folder public_html (atau folder lain yang Anda gunakan untuk install WordPress)

  • Buka Website ā†’ Kelola ā†’ File Manager:


Klik Upload

Pilih file dan folder WordPress yang sudah dibersihkan. Apabila muncul jendela seperti di bawah, klik Replace untuk mengganti file sistem:

Setelah proses upload selesai, cek website dengan menggunakan jendela penyamaran atau mode incognito pada browser. Anda dapat melihat plugin, tema, dan konten WordPress yang sudah berhasil direstore dan disimpan.

CATATAN:

Apakah pertanyaan Anda terjawab?