GTmetrix adalah tool analisis performa website yang digunakan untuk mengecek kecepatan dan performa website. Di artikel ini, kami akan menjelaskan secara singkat beberapa bagian yang ada di GTmetrix.

Yang perlu disiapkan

Sebagai langkah pertama, kami sangat merekomendasikan Anda untuk buat akun GTmetrix. Setelah memiliki akun, Anda akan dapat memilih lokasi dan perangkat pengujian (dan masih banyak opsi lainnya).

Lokasi dan perangkat pengujian termasuk dalam faktor penting karena jarak fisik antara server dan pengunjung situs akan memengaruhi kecepatan loading. Contoh: server dan pengunjung berlokasi di Indonesia. Maka, Anda akan mendapatkan data yang lebih akurat jika memilih server yang berlokasi di Singapura daripada Inggris.

Dengan memiliki akun GTmetrix, Anda dapat menghindari antrian dalam proses analisis 😉

Bagaimana cara menjalankan pengujian?

Pertama, buka GTmetrix.com, salin atau masukkan nama domain Anda, pilih server pengujian (opsi tersedia jika Anda login ke akun GTmetrix) dan parameter lain yang diinginkan. Lalu, klik Analyze:

CATATAN:

  • Walaupun website sudah di-force HTTPS secara default, GTmetrix akan menjalankan pengujian untuk protokol HTTP. Untuk itu, tambahkan HTTPS ke URL.

Bagaimana cara membaca laporan hasil pengujian?

Hasil pengujian ditampilkan dalam beberapa bagian:

Berikut ini adalah artikel yang membantu Anda memahami data yang ada di setiap bagian:

Apakah Anda menemukan jawaban?