GTmetrix Grade (Skor GTmetrix)

GTmetrix Grade (Skor GTmetrix) menunjukkan skor total untuk situs Anda. Skor yang diberikan sudah termasuk penilaian kecepatan dan struktur website. GTmetrix menampilkan hasil skor dengan rating A atau B:

Untuk meningkatkan skor Anda, perbaiki masalah utama yang tercantum pada bagian di bawah ini. Perlu diingat bahwa:

  • Waktu loading website yang cepat tidak selalu menunjukkan bahwa website sudah teroptimasi. Dengan optimasi website, kecepatan loading website akan meningkat, dan situs Anda akan lebih SEO-friendly.

  • Website yang sudah teroptimasi sekalipun tidak selalu memiliki kecepatan loading yang bagus. Masih ada faktor lain yang memengaruhi kecepatan website Anda; jadi pastikan Anda memeriksa semuanya. Akan tetapi, optimasi adalah hal yang sangat penting untuk mempercepat loading website Anda.

GTmetrix Summary (Ringkasan GTmetrix)

Tepat di bawah skor, Anda dapat melihat opsi Speed Visualization (Visualisasi Kecepatan). Bagian ini menunjukkan waktu yang dibutuhkan untuk memuat semua elemen website dan waktu yang dibutuhkan pengunjung untuk berinteraksi dengan website:

Apa itu TTFB?

Salah satu metrik terpenting di situs ini adalah TTFB (Time To First Byte).

Tidak hanya menunjukkan waktu yang dibutuhkan server untuk menanggapi permintaan, TTFB juga menunjukkan jumlah Durasi Pengalihan + Durasi Koneksi + Durasi Backend. Seluruh proses ini bergantung pada beberapa faktor seperti kecepatan transfer data jaringan, latensi, efisiensi aplikasi kode website, dan performa server.

TTFB diklasifikasikan ke dalam empat kategori berikut ini:

TTFB

Rating

<100ms

Perfect (Sempurna)

100ms-300ms

Great (Bagus)

300ms-500ms

Acceptable (Standar)

>500ms

Poor (Lemah)

Bagaimana cara menurunkan hasil TTFB?

  • Lakukan optimasi website (ikuti rekomendasi yang disediakan GTmetrix)

  • Gunakan tema yang teroptimasi

  • Berhati-hati dalam memilih plugin optimasi (kami sarankan WP-Optimize untuk WordPress)

  • Upgrade paket hosting jika sudah melebihi batas penggunaan saat ini

Jika Anda sudah melakukan semua langkah ini dan TTFB masih tinggi, hubungi tim Customer Success untuk mendapatkan bantuan 😊

Top Issues (Kendala Utama)

Bagian ini dapat ditemukan di tengah halaman laporan:

Kendala yang diberi label High atau Medium memiliki efek yang besar dalam performa kinerja situs Anda. Oleh karena itu, ingatlah untuk selalu menangani kendala yang diberi label High dan Medium terlebih dahulu.

Untuk melihat daftar yang lebih lengkap tentang kendala pada situs Anda, klik tab Performance (Performa).

Page Details (Detail Halaman)

Bagian ini menunjukkan waktu yang dibutuhkan waktu untuk memuat seluruh halaman (fully loaded page time) dan total ukuran halaman (total page size).

Google merekomendasikan waktu pemuatan (fully loaded page time) di bawah 2000 ms (2 detik). Untuk total ukuran halaman (total page size), semakin kecil semakin baik, tetapi disarankan di bawah 2MB.

CATATAN:

Apakah Anda menemukan jawaban?