Setiap paket hosting di Hostinger memiliki batasan resource yang disediakan. Resource ini akan menentukan seberapa baik kinerja paket hosting. Anda mungkin melihat notifikasi "Anda telah melebihi batas penggunaan paket hosting Anda saat ini" saat memeriksa Statistik Penggunaan.

Artikel ini akan membahas resource yang paling penting, dan bagaimana melebihi batas penggunaan hosting akan memengaruhi website Anda.

CPU

Ketika Anda mencapai batas maksimum untuk CPU yang tersedia, website Anda mulai bekerja lebih lambat dan tidak langsung memproses permintaan dari pengunjung Anda. Tidak ada pesan error yang ditampilkan, tetapi website akan jadi lebih lamban.

Perhatikan dan lihat waktu sibuk (peak hours) website Anda, dan pastikan CPU Anda tetap di bawah 80%. Dengan begitu, semua pengunjung mendapatkan pengalaman terbaik. Biasanya, penggunaan CPU yang tinggi disebabkan oleh kode website yang kurang dioptimalkan. Hal ini dapat diatasi dengan:

  • Memperbaiki kode Anda

  • Mengurangi jumlah plugin

  • Meminimalkan jumlah cronjob yang berjalan

  • Mengaktifkan caching di website (jika Anda menggunakan WordPress, kami merekomendasikan LiteSpeed ​​Cache)

Jika Anda sudah melakukan semua hal di atas dan kinerja website masih buruk, maka paket yang Anda gunakan saat sudah tidak dapat memproses semua permintaan dari pengunjung secara bersamaan. Untuk itu, upgrade paket Anda.

Penggunaan Disk (IO/IOPS)

Disk throughput (I/O) adalah batasan seberapa cepat data dapat ditulis/dibaca, sedangkan IOPS adalah singkatan dari operasi input/output per detik (input/output operations per second). Kedua batasan ini sangat penting saat mengukur kinerja disk. Saat Anda mencapai ambang batas maksimum untuk I/O dan IOPS yang tersedia, situs web Anda mulai bekerja lebih lambat, serupa dengan saat ambang batas CPU tercapai. Untuk alasan ini, solusi yang sama yang disebutkan di atas berlaku saat menangani penggunaan I/O dan IOPS yang tinggi.

RAM dan Proses

Ketika Anda mencapai batas proses bersamaan atau batas RAM, pengunjung website Anda mungkin mendapatkan halaman kesalahan (ini akan menampilkan pesan “503 - Resource limit reached”).

Sangat penting untuk memastikan Anda tidak pernah mencapai batas ini. Bahkan jika Anda mencapai batas proses atau RAM 10-20 kali selama sebulan, itu merupakan indikasi yang sangat kuat bahwa situs web Anda membutuhkan kumpulan sumber daya yang lebih besar untuk menangani semua pengunjung bersamaan. Sebaiknya minimalkan jumlah proses dan jika masalah tetap ada, upgrade paket Anda.

CATATAN:

  • Jika Anda melebihi batas pada hosting Cloud Enterprise, hubungi tim Customer Success. Kami akan membantu Anda memilih paket VPS yang sesuai untuk Anda

Apakah Anda menemukan jawaban?