Apakah Anda masih menggunakan email ‘pasaran‘ / ‘gratisan‘ untuk bisnis maupun kegiatan profesional Anda?
Misalnya:
Bisnis Cargo -> intanperintiscargo@yahoo.co.id
Bisnis Catering -> jogjanusantaracatering@rocketmail.com
Sekolah -> smpn18cimahi@gmail.com
Interior -> manoharainterior@hotmail.com, dll
Tahukah Anda bahwa kompetitor Anda (yang mungkin tidak lebih baik dari Anda) ternyata justru telah menggunakan email domain perusahaan sendiri yang menjadikan mereka lebih terlihat profesional!
Misalnya:
Bisnis Cargo -> info@elangsaktitransport.com
Bisnis Catering -> bambang@kulinerbatak.co.id
Sekolah/Organisasi -> support@rumanaceh.org
Interior -> faiz@borobudur-design.com, dll
Memang benar bahwa dengan email ‘gratisan‘ saja sudah banyak yang berhasil dan komunikasi via email sejauh ini nyaman-nyaman saja. Namun berdasarkan fakta yang ada di lapangan, selain bisa menjadikan terlihat profesional, memiliki email dengan domain perusahaan sendiri dapat membuat calon pelanggan Anda akan lebih percaya kepada Anda.
Bisnis yang sudah online & memiliki brand/domain sendiri, menjadi selangkah lebih depan dari lainnya.
Anda pasti setuju kan, email dengan domain perusahaan sendiri lebih membuat Anda lebih percaya diri untuk memperkenalkan bisnis Anda, daripada menggunakan email ‘gratisan‘?
Untuk melakukan semua itu, Anda bisa mengikuti step-by-step tutorial berikut yang telah kami susun untuk Anda. Lakukan secara berurutan. Bila ada yang kurang Anda pahami, mohon tanyakan di kolom komentar.
Siap membuat email dengan domain sendiri?!
Baca Juga: Cara Membuat Email
P.S: Untuk memudahkan Anda, silakan SHARE/SAVE tutorial ini terlebih dahulu, karena jika tiba-tiba tutorial ini tidak sengaja Anda tutup, Anda bisa dengan mudah melanjutkannya lagi, ya
Daftar Isi
Langkah 1: Strategi Menentukan Nama Domain Anda
Pahami artikel ini dengan baik, bila Anda masih belum memutuskan nama domain apa yang ingin Anda gunakan untuk email Anda. Jika Anda sudah memutuskan, lanjutkan ke Step 2.
P.S: Anda akan membaca artikel di halaman lain. Setelah selesai membaca, pastikan Anda kembali ke tutorial ini (Langkah 1) untuk mengikuti langkah selanjutnya.
Langkah 2: Beli Domain Anda (Artikel+Video)
Ikuti proses membeli domain & hosting dalam artikel ini.
Pilih paket paling kecil/murah saja, bila Anda tidak berencana membuat website dalam waktu dekat (hanya email domain sendiri).
P.S: Anda akan membaca artikel di halaman lain. Setelah selesai membaca, pastikan Anda kembali ke tutorial ini (Step 2) untuk mengikuti langkah selanjutnya.
Langkah 3: Buat Email Anda (dengan Hosting)
Setelah memiliki domain & hosting, mulai ciptakan email pribadi yang Anda inginkan. Sangat mudah!
P.S: Jika Anda hanya memiliki Domain saja tanpa hosting, ikuti Step 3.2 berikut ini.
Langkah 4: Buat Email Tanpa Hosting (Apabila Anda Hanya Memiliki Domain)
Anda hanya memiliki domain tanpa hosting? Tetap bisa! Ikuti Step 4.
P.S: Anda akan membaca artikel di halaman lain. Setelah selesai membaca, pastikan Anda kembali ke tutorial ini (Step 4) untuk mengikuti langkah selanjutnya.
Langkah 5: Hubungkan Email Anda ke Android/iPhone
Anda menggunakan smartphone? Pastikan email Anda terhubung ke smartphone Anda setiap saat. Ikuti tutorial ini.
P.S: Anda akan membaca artikel di halaman lain. Setelah selesai membaca, pastikan Anda kembali ke tutorial ini (Step 5) untuk mengikuti langkah selanjutnya.
Langkah 6: Hubungkan Email Anda ke Outlook/Thunderbird
Jika Anda berada di kantor/menggunakan mail client seperti Outlook/Thunderbird, ikuti tutorial ini.
P.S: Anda akan membaca artikel di halaman lain. Setelah selesai membaca, pastikan Anda kembali ke tutorial ini (Step 6) untuk mengikuti langkah selanjutnya.
Langkah 7: Backup Email Anda
Jika Anda menggunakan IMAP, pelajari cara backup email seperti di dalam tutorial ini.
P.S: Anda akan membaca artikel di halaman lain. Evaluasi lagi mulai dari Step 1 bila Anda mengalami kesulitan. Bila Anda butuh bantuan, silakan tulis di kolom komentar/chat langsung dengan kami
Semoga bermanfaat. Selamat me-museum-kan email ‘gratisan‘ Anda!