Jika Anda berencana memindahkan konten website ke akun hosting lain, lakukanlah dengan bantuan backup.

Namun apabila Anda hanya ingin mengubah domain website tapi sama sekali tidak menyentuh konten (misalnya, domain Anda saat ini adalah domain.tld dan Anda berencana untuk menggunakan domain baru, yaitu websitebarudomain.tld), dan dua domain ini berada di akun hosting yang sama, yang perlu dilakukan hanyalah menyalin file website dari domain yang satu, lalu memindahkannya ke domain yang lain.

Jika Anda menggunakan WordPress, panduan selengkapnya bisa dibaca di sini: Cara Mengganti Domain WordPress.

Anda bisa mengajukan permintaan migrasi website dan tim kami akan membantu proses transfer konten website Anda.

Apabila Anda menggunakan CMS lain atau membuat website berbasis kode, simak langkah-langkah berikut untuk mengganti doman website:

Langkah 1 - Lakukan Persiapan

Pertama-tama, cari tahu dulu apa tujuan Anda mengubah nama domain. Setelah itu, cek akun hosting. Hal ini dibutuhkan karena proses pengubahan domain berbeda untuk setiap kasus.

  • Jika Anda menginginkan website dapat diakses menggunakan domain yang baru tapi domain lama tetap aktif dan kedua domain ini mengarah ke konten yang sama, solusi terbaiknya adalah parkir domain baru ke domain lama.

  • Jika Anda ingin menyalin atau memindahkan konten website ke nama domain lain, tambahkan domain baru ke akun atau paket hosting saat ini. Lakukan melalui menu Tambah Website di hPanel

Langkah 2 - Pindahkan konten

Untuk memindahkan konten website, Anda perlu membuat dan mengunduh backup domain lama. Setelah download selesai, unggah backup ke folder public_html domain baru.

Jika domain website disebutkan di semua file konfigurasi (misalnya di OpenCart, Joomla, dll), segera perbarui nama domain di file tersebut. Anda bisa meminta bantuan dengan menghubungi developer atau berkunjung ke forum yang khusus membahas CMS yang Anda gunakan saat ini.

Ikuti langkah-langkah ini jika Anda juga menggunakan database:

  1. Ekspor database lama.

  2. Buat database baru.

  3. Impor backup database lama ke database baru.

  4. Sesuaikan URL di database baru beserta file konfigurasi di website.

Selesai! Konten Anda berhasil dipindahkan atau disalin sepenuhnya ke domain baru. 😊

CATATAN:

  • Hapus cache untuk melihat versi terbaru website di domain baru.

Apakah Anda menemukan jawaban?