Tindakan yang harus dilakukan
Ada banyak penyebab mengapa email tidak dapat digunakan. Jika Anda mengalami masalah ini, lakukan beberapa tindakan di bawah ini untuk mengatasinya:
Hosting harus diaktifkan (setelah aktif, hosting akan ditampilkan di menu Home di hPanel).
Domain harus didaftarkan dan diaktifkan (setelah aktif, domain akan ditampilkan di menu Home di hPanel).
Anda wajib menambahkan MX record ke domain. Untuk kelancaran proses pengiriman, tambahkan SPF record dan DKIM record. Info selengkapnya tentang semua record dapat dibaca di panduan ini.
Akun email harus dibuat.
Layanan email harus diaktifkan.
CATATAN:
Setelah diaktifkan, domain memerlukan waktu hingga 24 jam untuk dapat digunakan.
Setiap perubahan yang dilakukan di DNS Record memicu propagasi. Propagasi membutuhkan waktu hingga 24 jam.
Email membutuhkan waktu hingga 15 menit sampai statusnya berubah menjadi terkirim.
Isu atau masalah khusus
Jika Anda sudah melakukan satu atau beberapa tindakan di atas tapi email belum juga berfungsi, coba cek penyebab paling umum dari beberapa kasus khusus di bawah ini:
Kasus/masalah | Penyebab paling umum |
Tidak dapat mengirim dan menerima email |
|
Dapat mengirim email, tapi tidak dapat menerima email |
Cek artikel ini untuk mengetahui cara mengatasinya. |
Terjadi kesalahan (error) "Your message wasn't delivered to (address) because the address couldn't be found, or is unable to receive email" |
|
Plugin/aplikasi email tidak berfungsi, tapi email dapat digunakan di Webmail |
|
File PHP/SMTP untuk mengirim email tidak berfungsi | Cek kembali file dan pastikan parameternya sudah benar. |
Email tidak muncul |
|