Tindakan yang harus dilakukan

Ada banyak penyebab mengapa email tidak dapat digunakan. Jika Anda mengalami masalah ini, lakukan beberapa tindakan di bawah ini untuk mengatasinya:

CATATAN:

  • Setelah diaktifkan, domain memerlukan waktu hingga 24 jam untuk dapat digunakan.
  • Setiap perubahan yang dilakukan di DNS Record memicu propagasi. Propagasi membutuhkan waktu hingga 24 jam.
  • Email membutuhkan waktu hingga 15 menit sampai statusnya berubah menjadi terkirim.

Isu atau masalah khusus

Jika Anda sudah melakukan satu atau beberapa tindakan di atas tapi email belum juga berfungsi, coba cek penyebab paling umum dari beberapa kasus khusus di bawah ini:

Kasus/masalah

Penyebab paling umum

Tidak dapat mengirim dan menerima email

Dapat mengirim email, tapi tidak dapat menerima email

MX record pengirim email salah atau belum dipropagasi.

Terjadi kesalahan (error) "Your message wasn't delivered to (address) because the address couldn't be found, or is unable to receive email"

  • Email penerima salah. Cek kembali mungkin ada typo atau kesalahan pengetikan/penulisan.
  • MX record dari domain penerima email salah. Penerima harus mengganti MX record-nya.

Plugin/aplikasi email tidak berfungsi, tapi email dapat digunakan di Webmail

Menggunakan parameter yang salah untuk mengatur aplikasi email. Cek panduan ini dan coba atur sekali lagi.

File PHP/SMTP untuk mengirim email tidak berfungsi

Cek kembali file dan pastikan parameternya sudah benar.

Email tidak muncul

  • Ada email forwarder yang aktif. Buat ulang forwarder dan pilih simpan salinan selama setup.
  • Ada aplikasi email yang di-setup dengan POP3. Ubah konfigurasinya ke IMAP agar email dapat disinkronisasikan antara perangkat.

Apakah Anda menemukan jawaban?